Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Temu Lapang Kegiatan m-P3MI Kabupaten Tabalong PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Jumat, 11 Oktober 2013 00:00

Panen Simbolis Demplot Padi m-P3MI Desa MuangPanen Simbolis Demplot Padi m-P3MI Desa Muang

Sebagai salah satu cara untuk memperluas jangkauan diseminasi teknologi, meningkatkan jumlah adopter dan menghimpun umpan balik dari pengguna, tim pelaksana kegiatan Model Pengembangan Pertanian Perdesaan melalui Inovasi (m-P3MI) BPTP Kalimantan Selatan Mengadakan Temu Lapang pada tanggal 03 Oktober 2013. Kegiatan ini mengambil tempat di lokasi kegiatan m-P3MI BPTP Kalimantan Selatan yang didanai melalui program SMART-D yaitu di Desa Muang, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. Mengundang seluruh stakeholder terkait, acara semakin semarak karena digelar ditengah lokasi demplot padi yang sudah siap panen.

Setelah pembukaan acara, seluruh peserta dan undangan dipandu menuju demplot padi kegiatan m-P3MI seluas 5 Ha untuk melakukan panen secara simbolis. Selain panen secara simbolis, dilakukan juga pengukuran produktivitas pertanaman melalui pengubinan yang dilakukan oleh Mantri Statistik Kecamatan Jaro. Teknologi yang diterapkan dalam demplot antara lain Penggunaan varietas unggul baru, benih bermutu dan berlabel, punggunaan pupuk organik sebanyak 2 ton/ha, cara tanam jajar legowo 4:1 dan 2:1 serta penggunaan pupuk berdasarkan BWD dan hasil uji dengan alat PUTS. Varietas unggul yang ditanam adalah Inpari 11 dan Inpari 17.

 

Dalam sambutan mewakili Kepala BPTP Kalimantan Selatan, Koordinator m-P3MI BPTP Kalimantan Selatan Ir. Yanuar Pribadi, M.Si menyampaikan bahwa Kegiatan m-P3MI merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan BPTP Kalsel yang bersifat partisipatif, bertujuan untuk mendiseminasikan teknologi pertanian untuk meningkatkan produktivitas komoditi utama dan menumbuhkembangkan usaha agribisnis perdesaan sesuai potensi pertaniannya melalui pemberdayaan kelompok tani dan gapoktan. Pemilihan Kabupaten Tabalong, khususnya di Kecamatan Jaro bukan tanpa alasan, akan tetapi berdasarkan potensi dimana kecamatan ini merupakan penghasil utama padi di Kabupaten Tabalong serta salah satu daerah sentra pengembangan sapi potong di Kabupaten Tabalong. Dari kedua potensi ini, memungkinkan untuk dilakukan peningkatan produktivitas melalui integrasi tanaman pangan dengan ternak.

Penjelasan Teknologi Yang Diterapkan Oleh Peneliti BPTP KalselPenjelasan Teknologi Yang Diterapkan Oleh Peneliti BPTP KalselSambutan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tabalong yang diwakili oleh Bpk Asriadi selaku Mantri Tani Kecamatan Jaro menyapaikan bahwa kegiatan m-P3MI di Desa Muang sangat positif bagi peningkatan produktivitas baik pertanian maupun peternakan. Harapannya, BPTP Kalsel bisa melanjutkan kegiatan m-P3MI di Desa Muang dengan teknologi-teknologi baru yang dapat mendukung kegiatan integrasi usaha tani padi dan ternak sapi dengan perbaikan kelembagaan agribisnis di Kecamatan Jaro, khususnya Desa Muang sebagai percontohannya.

Bapak Jahrani selaku kooperator kegiatan menyampaikan, bahwa teknologi yang diterapkan pada demplot mampu meningkatkan produktivitas hamper sebesar 100% dibandingkan dengan pertanaman musim kemarau sebelumnya. Selain itu, kegiatan di kelompok tani juga dirasakan lebih aktif dibandingkan dengan sebelum masuknya kegiatan m-P3MI.

Dalam sesi diskusi, para peserta yang berasal dari petani Desa Muang dan Desa-desa sekitar mayoritas bertanya lebih jauh mengenai proses budidaya dan teknologi-teknologi yang diterapkan yang sebelumnya telah dipaparkan oleh Ir. Khairudin dari BPTP Kalimantan Selatan. Semoga antusiasme ini dapat menginspirasi para petani lain untuk dapat menerapkan ternologi untuk meningkatkan produktivitasnya. Dan semoga, awal yang baik ini menjadi modal berharga bagi perjalanan kegiatan m-P3MI hingga 3 tahun kedepan. Semoga! [roen].

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com