Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Mentan: "Saya Akan Kembali Ke Guntung Payung" PDF Cetak E-mail
Oleh Ir. Retna Qomariah, M.Si   
Minggu, 27 Oktober 2013 22:08

Kunjungan Mentan ke Lokasi KBD Kel. Guntung PayungKunjungan Mentan ke Lokasi KBD Kel. Guntung PayungDisela-sela peresmian dan groundbreaking Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Kalimantan Selatan, Menteri Petanian Indonesia Ir. H. Suswono, MMA yang menjadi bagian dari Rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyempatkan diri untuk berkunjung ke lokasi m-KRPL Kota Banjarbaru, pada Rabu, 23 Oktober 2013. Kunjungan yang terkesan mendadak ini cukup mengejutkan bagi warga dan pejabat daerah setempat. Namun, perasaan senang dan bangga atas kunjungan orang nomor satu di Kementerian Pertanian ini senantiasa tersirat di wajah para anggota KWT Sekar Tani, Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Pada kunjungan tersebut, Menteri Pertanian RI Suswono yang didampingi Kepala Puslitbang Perkebunan Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS dan Kepala BPTP Kalsel Dr. Muhammad Yasin, MP, secara langsung melihat dan bertanya tentang aktivitas pembibitan di KBD, serta hal-hal yang terkait dengan kegiatan m-KRPL di Guntung Payung.

Menurut Ibu Suti selaku Ketua KWT Sekar Tani, program optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui m-KRPL yang telah dua tahun berjalan di Kelurahan Guntung Payung telah mampu menyediakan pangan bagi keluarga dan meningkatkan pendapatan, juga menjadi tempat kunjungan untuk belajar memanfaatkan pekarangan dan membeli berbagai bibit tanaman sayuran dan biofarmaka. Untuk lebih mengembangkan program, selama 6 bulan terakhir ini KWT Sekar Tani juga telah membuka usaha simpan pinjam bagi para anggota yang dananya diambil dari keuntungan kelompok dalam menjual bibit tanaman.

Mentan Berdiskusi Dengan Anggota KWT Sekar TaniMentan Berdiskusi Dengan Anggota KWT Sekar TaniSetelah mendengar penjelasan dari Ibu Suti mewakili kelompoknya, Menteri Pertanian RI Suswono banyak memberikan masukan untuk keberlanjutan Kawasan Pangan Lestari di Guntung Payung, baik melalui pengembangan Kebun Bibit, pengembangan pengolahan dan perbaikan pemasaran produk pertanian.

Pada akhir kunjungan, sembari menikmati berbagai olahan makanan dari tepung ubi jalar, singkong dan jagung, Mentan meminta kepada Kepala BPTP dan Jajaran Pemerintah Daerah untuk terus memberikan perhatian dan dukungan pada Kelurahan Guntung Payung, agar keberlanjutan program dapat terus dikawal dan dipertahankan. Dan jika kondisi seperti ini dapat terus dipertahankan, bukan tidak mungkin m-KRPL Guntung Payung betul-betul menjadi model percontohan bagi replikasi di wilayah yang lain.

Sebelum meninggalkan lokasi, Mentan memberikan sebuah kabar gembira, khususnya ada warga kelurahan Guntung Payung. “Saya akan Kembali Ke Guntung Payung,” Ujarnya. Pernyataan yang semoga dapat terus melecut semangat para kooperator m-KRPL untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan meningkatkan optimalisasi pekarangan, bukan hanya di Guntung Payung, namun juga di Kalimantan Selatan secara keseluruhan. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com