Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pelatihan Jamu Ternak di BPP Rantau Badauh PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Kamis, 14 November 2013 10:31

Praktik Pembuatan Jamu TernakPraktik Pembuatan Jamu TernakDalam upaya menderaskan diseminasi inovasi teknologi, Tim PSDSK BPTP Kalimantan Selatan mengunjungi BPP Rantau Badauh untuk memberikan pelatihan pembuatan jamu ternak dan pupuk organik. Bertemu dengan seluruh penyuluh dan POPT BPP Rantau Badauh, tim yang terdiri dari Ir. Arief Darmawan, Suprijono, S.ST, Sholih Hadi Nugroho, S.ST dan Harun Kurniawan, S.Pt, menyampaikan materi disertai dengan praktik langsung agar pemahaman lebih optimal.

 

Menyambut kedatangan Tim PSDSK BPTP Kalsel, Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Rantau Badauh Kaswariadi, S.Pt menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Beliau berharap, kemitraan dengan BPTP dapat meningkatkan kualitas penyuluh dan penyuluhan di BPP Rantau Badauh, terutama dalam hal inovasi teknologi. Pelatihan yang diberikan juga dinilai sangat tepat, mengingat BPP Rantau Badauh memiliki binaan Kelompok Ternak yang cukup banyak, serta berharap dapat menjadi contoh dalam pengembangan pertanian organik.

Praktik Pembuatan Pupuk OrganikPraktik Pembuatan Pupuk OrganikPemaparan teori pembuatan jamu dan memimpin praktik langsung dilakukan oleh Suprijono, S.ST. dengan metode serius tapi santai, para peserta diajak untuk mengenali satu persatu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu ternak. Para peserta kemudian melumatkan bahan dan mencampurkannya dengan dengan EM4 agar jamu menjadi lebih awet. Sedangkan pelatihan pembuatan pupuk organik difasilitasi oleh Ir. Arief Darmawan. Metode praktis pembuatan pupuk organik yang disampaikan mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya adalah tidak mengharuskan untuk dilakukan pembalikan pada pupuk yang sedang dibuat. Hal ini mengurangi waktu pengerjaan dan dapat meningkatkan tingkat adopsi ditingkat petani. Hal ini dikarenakan, selama ini petani peternak enggan membuat pupuk organik secara konvensional, karena membutuhkan perlakuan rutin dalam hal pembalikan. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com