Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
BPTP Kalimantan Selatan Mengembangkan Ayam KUB PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Senin, 03 Februari 2014 15:25

Perkembangan Ayam KUBPerkembangan Ayam KUBMendukung pengembangan sektor peternakan khususnya unggas di Provinsi Kalimantan Selatan, BPTP Kalimantan Selatan sejak akhir 2013 lalu telah merintis pengembangan Ayam Kampung Unggul Badan Litbang (Ayam KUB). Dengan berbagai kelebihan seperti produksi telur yang lebih tinggi, peningkatan bobot badan yang lebih cepat, lebih tahan terhadap penyakit dan masa bertelur yang lebih cepat, ayam KUB diharapkan menjadi solusi penyediaan ayam kampung, khususnya bibit yang saat ini masih menjadi kendala terbesar.

Mendapatkan kiriman sebanyak 250 ekor Day Old Chick (DOC) dari Balai Penelitian Ternak, Ciawi, saat ini ayam KUB yang dipelihara telah memasuki usia 2 bulan. Pada usia 1,5 bulan, ayam KUB yang dipelihara di Kebun Bibit Inti BPTP Kalimantan Selatan, Jalan R.O. Ulin Loktabat Utara telah mencapai bobot antara 300-350 gram. Pertumbuhan ini tentu saja lebih baik jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa.

Diharapkan, memasuki umur 22 minggu, ayam KUB yang dipelihara sudah mulai bertelur. Dari telur ini akan dihasilkan bibit-bibit ayam KUB yang baru, yang akan digunakan untuk mendukung pengembangan perunggasan di Kalimantan Selatan. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com