Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Rapat Koordinasi Pendampingan KRPL BPTP Kalimantan Selatan PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Rabu, 05 Februari 2014 14:57

Rapat Koordinasi Pendampingan KRPL 2014Rapat Koordinasi Pendampingan KRPL 2014Dalam upaya mengakselerasi kegiatan Pendampingan KRPL di Provinsi Kalimantan Selatan, tim KRPL BPTP Kalimantan Selatan mengadakan rapat koordinasi, Selasa, 04 Februari 2014. Rapat koordinasi dihadiri oleh koordinator kegiatan Pendampingan KRPL BPTP Kalimantan Selatan dan perwakilan tim Pendampingan KRPL dari masing-masing kabupaten/kota. Dalam arahannya, koordinator kegiatan Ir. Retna Qomariah, M.Si menyampaikan bahwa untuk kegiatan Pendampingan KRPL 2014 terfokus pada tiga kegiatan utama yaitu: upgrading Kebun Bibit Desa/ Kebun bibit Kelompok di lokasi m-KRPL terpilih, pendampingan lokasi KRPL yang dikembangkan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Optimalisasi Kebun Bibit Inti sebagai sentra pengembangan benih dan bibit yang akan didistribusikan ke lokasi-lokasi optimalisasi pekarangan.

Upgrading Kebun Bibit Desa (KBD), difokuskan pada lokasi-lokasi yang terpilih berdasarkan hasil penilaian pada tahun 2013. Setelah dilakukan koordinasi, diputuskan bahwa terdapat 20 lokasi KBD yang akan diupgrading pada tahun 2014 berdasarkan pertimbangan peluang keberlanjutan dan adanya dukungan pemerintah daerah. Setiap kabupaten kota diwakili oleh tiga lokasi m-KRPL sebagai model pengembangan untuk unit-unit KRPL yang direplikasi oleh Badan Ketahanan Pangan atau lembaga lainnya. Fokus pengembangan KBD/ KBK pada unit m-KRPL tersebut diarahkan ke komoditas unggulan daerah yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, sehingga mampu menunjang peningkatan pendapatan keluarga.

Pendampingan KRPL yang dikembangkan oleh BKP akan dilakukan melalui beberapa kegiatan, yaitu penyiapan bahan materi penyuluhan, pertemuan, sosialisasi konsep KRPL dan pelatihan teknologi budidaya serta meningkatkan akses kepada sumber teknologi. Optimalisasi Kebun Bibit Inti (KBI) diarahkan agar KBI mampu menjadi sumber benih dan bibit bagi KBD di setiap kabupaten/ kota. Bibit dan benih yang dikembangkan difokuskan pada benih dan bibit tanaman lokal serta benih dan bibit yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com