Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Koordinasi Kegiatan KRPL Dengan Badan Ketahanan Pangan se-Kalimantan Selatan PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Rabu, 26 Februari 2014 13:37

Rapat Koordinasi KRPL BPTP dan BKP se KalselRapat Koordinasi KRPL BPTP dan BKP se KalselSelain kegiatan m-KRPL yang dikembangkan oleh Badan Litbang Pertanian melalui BPTP, optimalisasi pekarangan juga dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan melalui kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kegiatan ini merupakan penyempurnaan dari kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) yang telah dimulai sejak tahun 2010. Terhadap kegiatan KRPL yang dikembangkan oleh Badan Ketahanan Pangan, BPTP diberikan mandat untuk melakukan pendampingan, terutama terkait dengan konsep dan teknologinya.

Untuk membangun sinergi dan mengetahui bentuk pendampingan yang diinginkan, BPTP Kalimantan Selatan mengadakan Rapat Koordinasi Pendampingan KRPL Kalimantan Selatan Tahun 2014, Selasa 25 Februari 2014. Dalam rapat koordinasi tersebut, hadir Kepala BPTP Kalimantan Selatan, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Koordinator Kegiatan Pendampingan KRPL BPTP Kalimantan Selatan, Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan BKP Provinsi Kalimantan Selatan dan perwakilan Badan Ketahanan Pangan/Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

Hasil koordinasi tersebut menghasilkan rumusan bahwa BPTP Kalimantan Selatan akan melakukan pendampingan dalam bentuk narasumber pelatihan, penyediaan bahan penyuluhan, advokasi dan penyedia teknologi bagi pengguna di lapangan. Pada tahap awal, pendampingan akan dilakukan di satu desa sentral yang nantinya akan dijadikan sebagai raw model pengembangan KRPL oleh Badan Ketahanan Pangan/ Kantor Ketahanan Pangan. Semoga dengan koordinasi ini semakin tercipta sinergi antar instansi, yang tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan petani yang mengadopsi konsep KRPL. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com