Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Memupuk Asa Diantara Badai Tantangan PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Rabu, 26 Maret 2014 00:00

Kebun Bibit Desa Labuan MasKebun Bibit Desa Labuan MasTantangan bukan untuk dihindari, tapi untuk dihadapi dan ditaklukkan. Kalimat tersebut selayaknya menjadi sebuah bekal yang tepat untuk mengembangkan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari dengan komoditas tanaman terutama sayuran, tanaman obat serta tanaman buah di wilayah pesisir dengan profesi utama sebagai nelayan. Karena bukan perkara mudah untuk mengenalkan tanaman yang bisa jadi merupakan sebuah perkara ‘asing’ bagi mereka. Merubah pola kehidupan, sedikitnya alokasi waktu, sulitnya akses terhadap air dan kondisi tanah yang tak sepenuhnya cocok untuk budidaya tanaman adalah beberapa diantara kendala yang harus dihadapi. Benar saja, berbagai tantangan tersebut muncul ketika BPTP Kalimantan Selatan mencoba untuk mengembangkan m-KRPL di wilayah pesisir, tepatnya di Desa Labuan Mas, Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kabupaten Kotabaru.

Namun, saat ini tantangan-tantangan itu mungkin sudah tak terasa lagi saat ini. Sejak tahun 2013, anggota KWT Anggerek Sejahtera, kooperator m-KRPL Desa Labuan Mas mulai mengenal cara-cara budidaya tanaman sayuran, obat-obatan dan tanaman buah. Bahkan, dimasing-masing rumah tangga, sudah tidak asing lagi dengan hadirnya polybag, lengkap dengan berbagai tanaman sayuran, toga dan buah-buahandi halaman rumah. Selain mempercantik lingkungan, berbagai tanaman tersebut pun sudah dirasakan manfaatnya untuk dikonsumsi oleh anggota keluarga.

Sebuah keberhasilan besar, jika dibandingkan dengan besarnya tantangan yang menghadang. Menjadi sebuah harapan baru untuk memperbaiki gizi keluarga dan menambah pendapatan, ketika mereka tak bisa melaut dan mengolah hasil laut. Karena, melaut hanya bisa dilakukan selama lebih kurang 6 bulan. Pada saat badai dan ombak tinggi, nelayan akan lebih banyak berada di daratan. Artinya, tak ada ikan yang akan dijual atau dikeringkan. Sehingga, pertanian akan menjadi sebuah harapan. Meskipun masih tertatih, mereka terus memupuk asa diantara badai tantangan untuk menembus segala keterbatasan. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com