Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Labuan Mas, Lokasi m-KRPL Pesisir di Kalimantan Selatan PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Sabtu, 22 Maret 2014 00:00

Kunjungan Kepala Badan Litbang ke Desa Labuan MasKunjungan Kepala Badan Litbang ke Desa Labuan MasLabuan Mas, salah satu desa di Kabupaten Kotabaru. Untuk menuju kesana diperlukan sembilan jam perjalanan dari pusat kota Banjarbaru. Rute yang ditempuh pun tak hanya darat, karena harus menggunakan kapal ferry menuju seberang. Jalur daratnya pun tak semua rata dan beraspal. Ada sekitar 85 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dari penyeberangan, perjalanan harus melalui medan yang berat. Jalan tanah berbatu, jalan tanah berlubang dan harus melalui hutan sawit adalah syarat untuk mencapai lokasi. Desa Labuan Mas yang terletak di Kecamatan Pulau Laut Selatan merupakan desa nelayan dan salah satu unit m-KRPL yang dikembangkan oleh Badan Litbang Pertanian melalui BPTP Kalimantan Selatan sejak tahun 2013, lengkap dengan pemandangan khas pesisir pantai yang cukup menawan.

Pembinaan dan pendampingan terhadap implementasi kegiatan di lapangan terus dilakukan meskipun jarak dan kondisi yang harus ditempuh sudah terasa cukup melelahkan bagi tim m-KRPL BPTP Kalimantan Selatan Kabupaten Kotabaru. Namun dengan antusiasnya anggota KWT Anggerek Sejahtera menyambut hadirnya m-KRPL di desa mereka membuat tim m-KRPL BPTP Kalimantan Selatan senantiasa mempunyai semangat untuk menjalankan tugasnya. Antusiasme anggota ini karena kegiatan dibidang pertanian merupakan sebuah kegiatan ‘baru’ ditengah aktivitas mengolah hasil laut. Kegiatan  diharapkan bukan hanya menjadi pengisi waktu luang, namun juga dapat dijadikan untuk menambah gizi keluarga melalui makanan yang sehat dan seimbang dari hasil pekarangannya sendiri. Bagi mereka sayuran adalah ‘barang langka’ yang tidak setiap hari dapat mereka nikmati karena selama ini harus didatangkan dari luar daerah.

Salah satu tantangan besar untuk mengembangkan kegiatan di desa ini adalah tak mudahnya membiasakan mereka untuk membudidayakan tanaman. Merubah pola dari nelayan menjadi nelayan sekaligus ‘petani’ sayuran. Namun, pendampingan dan pemberian motivasi menjadi hal penting dalam berjalannya kegiatan m-KRPL pesisir satu-satunya di Kalimantan Selatan ini. Beruntung, Unit m-KRPL di Desa Labuan Mas telah dikunjungi oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Republik Indonesia, Dr. Haryono, M.Sc, Minggu 16 Maret 2014 yang memberikan motivasi dan dukungan penuh dalam memajukan sektor pertanian pesisir dan daerah terpencil untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Semangat! [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com