Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Varietas Unggul Baru Solusi Krisis Pangan PDF Cetak E-mail
Oleh Ariadi, S.Pi   
Selasa, 08 April 2014 09:36

Panen Padi Display VUB di Desa TelagaPanen Padi Display VUB di Desa TelagaDengan semakin bertambah luasnya alih fungsi lahan pertanian menjadi areal pemukiman dan industri menuntut peningkatan produktivitas lahan pertanian sebagai upaya antisipasi terhadap krisis pangan yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Salah satu upaya peningkatan produktivitas tersebut adalah penggunaan benih padi berkualitas dengan produksi tinggi serta tahan serangan hama penyakit. Badan Litbang Pertanian sebagai institusi terdepan dalam hal teknologi pertanian menjawab tantangan tersebut dengan terus merilis berbagai varietas padi baru dengan berbegai keunggulan yang dapat dijadikan alternatif pilihan bagi para petani di seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa varietas unggul yang telah dirilis Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Padi telah diuji melalui display VUB Kegiatan Direktif Presiden di Desa Telaga Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Beberapa varietas tersebut adalah Inpari 1, Inpari 7 Lanrang, Inpari 16 Pasundan, Inpari 20 dan Inpari 21 Batipuah. Dari hasil ubinan yang Lokasi Pertanaman Padi VUB di Desa TelagaLokasi Pertanaman Padi VUB di Desa Telagadilakukan, Inpari 1, Inpari 7 Lanrang dan Inpari 20 menunjukkan produktivitas yang cukup tinggi yaitu lebih dari 6 ton GKP per hektar.

Hal ini tentu saja bisa menjadi jawaban atas target swasembada beras yang dicanangkan pemerintah. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan lebih mengenalkan lagi varietas unggul baru kepada petani, sehingga produktivitasnya dapat ditingkatkan. Langkah ini mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat Kabupaten Tanah Laut yang merupakan Bupati Tanah Laut Periode 2008-2013, Bapak H. Adriansyah. Dalam acara Temu Lapang Display VUB di Desa Telaga, beliau menyampaiakan ketertarikan untuk membantu petani dengan mencetak lahan-lahan pertanian baru di wilayah Kabupaten Tanah Laut serta mengembangkan varietas-varietas unggul baru dengan produktivitas tinggi. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com