Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pelatihan Aplikasi PUTR di BPK Haur Gading PDF Cetak E-mail
Oleh Abdul Sabur, S.Hut, MP   
Kamis, 10 April 2014 00:00

Pelatihan Aplikasi PUTR di BPK Haur GadingPelatihan Aplikasi PUTR di BPK Haur GadingAgroekosistem rawa lebak merupakan agroekosistem yang spesifik dan mempunyai beberapa perbedaan terutama pada kondisi lahan yang tergenang hampir sepanjang tahun. Dengan kondisi ini, maka status unsur hara yang terkandung pun tidak bisa disamakan dengan agroekosistem lain, baik lahan sawah maupun lahan kering. Untuk mengukur keadaan unsur hara lahan rawa tersebut, Badan Litbang Pertanian melalui Balai Penelitian Tanah telah merilis Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR) versi 1.0, yang dapat memberikan gambaran secara kuantitatif.

Untuk memperkenalkan PUTR secara luas dan mengaplikasikannya di lapangan, BPTP Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara melakukan Pelatihan Aplikasi PUTR bagi para penyuluh di BPK Haur Gading. Pelatihan ini juga sekaligus digunakan untuk melakukan pengujian sampel tanah untuk melihat kandungan hara tanah rawa se-kecamatan Haur Gading. Data yang diperoleh sangat menunjang dalam kegiatan SL-PTT dan Kalender Tanam Lahan Rawa Badan Litbang Pertanian. Sebagaimana diketahui, Hulu Sungai Utara merupakan Kabupaten dengan luas areal rawa terbesar di Kalimantan Selatan.

Setelah melakukan pelatihan, para penyuluh merasa cukup terbantu dengan adanya PUTR dalam menentukan rekomendasi pemupukan. Selain itu, PUTR juga cukup mudah untuk diaplikasikan dan praktis untuk dibawa ke lapangan. Harapannya, penggunaan PUTR dapat memberikan gambaran dosis pemupukan secara tepat berdasarkan unsur hara tanah, tanpa harus menguji ke laboratorium.. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com