Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Kodim 1001/Amt : Halaman Hijau karena m-KRPL PDF Cetak E-mail
Oleh Agus Hasbianto, SP., M.Si   
Senin, 21 April 2014 09:53

Kodim 1001/Amuntai yang mendapatkan mandat melakukan pembinaan secara teritorial terhadap 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan Balangan, merupakan Kodim dengan wilayah kerja cukup luas. Namun, sebagian wilayah di Kabupaten HSU merupakan wilayah rawa lebak yang memerlukan penanganan berbeda dibandingkan lahan kering. Kementerian Pertanian melakukan kerjasama dengan Mabes TNI-AD selaku mitra untuk mengembangkan m-KRPL di wilayah sub optimal, salah satunya di Kodim 1001/Amt. Lokasi kegiatan difokuskan pada perumahan anggota TNI yang berada di Kelurahan Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah. Sebagaimana terlihat pada foto, kondisi pekarangan di perumahan Kodim 1001/Amt umumnya kurang termanfaatkan karena pada musim hujan pekarangan tersebut terendam air setinggi 30 - >50 cm selama beberapa bulan. Oleh karena itu, BPTP Kalimantan Selatan bersama jajaran Kodim 1001/Amt telah berupaya menghijaukan pekarangan dengan berbagai tanaman yang memang disukai dan diperlukan oleh rumah tangga.

Pengembangan m-KRPL tersebut mendapat dukungan langsung dari Komandan Kodim 1001/Amt,  Letkol (Inf) Agung Gunawan dan jajarannya, sehingga memberikan semangat yang tinggi bagi anggota. Semua rumah (sekitar 40 rumah) telah memanfaatkan pekarangannya untuk berbagai tanaman, terutama sayuran dan tanaman obat. Kebun Bibit Kelompok yang berperan penting dalam kontinyuitas penyediaan bibit bagi anggota juga berfungsi sesuai yang diharapkan. KBK tersebut dikelola oleh anggota TNI yang memiliki pengalaman dalam bidang pertanian secara umum. KBK juga ditempatkan dilokasi yang lebih tinggi dan kering, sehingga aktivitas dan perannya dapat terus dilanjutkan sepanjang tahun. Pemanfaatan pekarangan menggunakan tenik vertikultur, yaitu penggunaan rak-rak dari kayu galam untuk menempatkan polibag-polibag di atas lahan yang berair. Setiap rumah menanam beberapa tanaman berbeda pada polibag yang jumlahnya tidak kurang dari 30 buah.

Aktivitas pemanfaatan pekarangan tersebut dilakukan dengan melibatkan anggota keluarga. Perkembangan tanaman sangat baik dan telah dirasakan manfaatnya oleh setiap rumah pelaksana kegiatan (Rumah Pangan Lestari, RPL). Sebagian RPL telah memasuki siklus pertanaman kedua, dan kebutuhan bibit disuplai dari KBK. Manfaat m-KRPL tidak hanya mampu menyediakan sayuran bagi keperluan rumah tangga, tetapi juga menghijaukan halaman dan memberikan udara sejuk bagi rumah. Mengingat besarnya manfaat kegiatan, penghijauan pekarangan menggunakan tanaman sayuran tidak hanya dilakukan di rumah-rumah anggota tapi juga dilakukan di halaman kantor Kodim 1001/Amt. Komandan juga telah meminta kepada seluruh Koramil di wilayahnya untuk melakukan hal yang sama.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com