Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pelatihan Pembuatan Jamu Ternak dan Pupuk Organik di Sentra Pembibitan Sapi Bali PDF Cetak E-mail
Oleh Sholih Nugroho Hadi, S.ST   
Selasa, 22 April 2014 00:00

Suasana Pelatihan di Kelompk Ternak Sinar HarapanSuasana Pelatihan di Kelompk Ternak Sinar HarapanSebagai tahun akhir pencapaian target swasembada daging sapi dan kerbau, pada tahun 2014 seluruh pihak yang bertanggung jawab terhadap pencapaian target tersebut terus meningkatkan kinerja. BPTP Kalimantan Selatan, melalui kegiatan Pendampingan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK), melakukan berbagai bentuk pendampingan, diantaranya dengan menjadi pelatih dalam beberapa pelatihan. Agar tujuan pelatihan lebih terfokus dan dapat lebih dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan populasi ternak sapi di Kalimantan Selatan, pelatihan diarahkan pada sentra pengembangan bibit sapi bali di Kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala.

Implementasinya, telah diadakan pelatihan pembuatan jamu ternak dan pupuk organik di Kelompok Ternak Sinar Harapan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Wanaraya yang merupakan salah satu sentra pengembangan bibit sapi bali, Rabu 16 April 2014. Pelatihan diadakan di areal kandang kelompok dengan metode demontrasi cara yang dihadiri oleh 30 orang anggota kelompok baik dari Kelompok Ternak Sinar Harapan maupun anggota kelompok lain di sekitarnya.

Bertindak sebagai fasilitator, Suprijono, S.ST menyampaikan bahwa jamu ternak setelah melalui pengkajian di beberapa tempat mampu meningkatkan kesehatan ternak dan nafsu makannya. Selain itu, jamu ternak dapat meningkatkan kualitas daging sai yang dihasilkan serta mengurangi bau kotoran di sekitar kandang. Sedangkan, Ir. Arief Darmawan selaku fasilitator pembuatan pupuk organik menyampaikan bahwa kotoran ternak dapat ditingkatkan kualitasnya melalui pengolahan menjadi pupuk organik. Agar lebih efisien dari sisi waktu dan tenaga, proses pembuatan tidak perlu menggunakan sistem pembalikan, namun cukup disimpan didalam karung dan ditumpuk sampai pupuk tersebut matang dan siap untuk diaplikasikan di pertanaman. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com