Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Barito Kuala, Sentra Pengembangan Sapi Bali Kalimatan Selatan PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Kamis, 24 April 2014 00:00

Sidomulyo, Salah Satu Sentra Sapi Bali di BatolaSidomulyo, Salah Satu Sentra Sapi Bali di BatolaSebagai salah satu plasma nutfah yang harus dipertahankan keberadaannya, sapi bali terus mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Salah satu kebijakan yang diambil pemerintah pusat melalui. Kementerian Pertanian adalah dengan menetapkan tiga pulau lima kabupaten sebagai kawasan sentra perbibitan sapi bali. Untuk Pulau Kalimantan, Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan menjadi wilayah yang terpilih. Selain iklim dan kondisi alam yang mendukung, jumlah ternak sapi bali di Kabupaten Batola yang cukup banyak pun menjadi dasar pertimbangan.

Kawasan pengembangan sapi bali di Kabupaten Batola difokuskan pada dua kecamatan, yaitu Kecamatan Wanaraya dan Kecamatan Barambai. Pada dua wilayah ini, terdapat 20 kelompok ternak yang sudah sejak lama mengembangkan sapi bali. Berbagai kebijakan diambil, agar kawasan perbibitan ini dapat menjadi sumber bibit unggul sapi bali, bukan hanya untuk wilayah Kalimantan Selatan, namun juga Wilayah Kalimantan bahkan Seluruh Wilayah di Indonesia.

Perhatian datang dari berbagai pihak. Bukan hanya dari Dinas Peternakan Kabupaten dan Provinsi, pihak lain seperti LIPI, Perguruan Tinggi dan Kementerian Pertanian bersinergi untuk turut memberikan dukungan. Khusus untuk Kementerian Pertanian, dukungan diberikan melalui BPTP Kalimantan Selatan yang siap memberikan inovasi teknologi melalui kegiatan pendampingan PSDSK, serta Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) yang berkomitmen utuk menjadikan Kecamatan Wanaraya sebagai Laboratorium Lapang Pengembangan Sapi Potong Kalimantan Selatan. Selain Kabupaten Barito Kuala, Pemerintah Provinsi Kaliamantan Selatan juga menetapkan Kabupaten Tanah Laut sebagai sentra penggemukan sapi potong. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com