Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Profil Perpustakaan BPTP Kalimantan Selatan PDF Cetak E-mail
Oleh Eko Sutiyoso, A.Md   
Kamis, 24 April 2014 07:44

Perpustakaan BPTP Kalimantan SelatanPerpustakaan BPTP Kalimantan SelatanBeberapa tujuan pembangunan sistem perpustakaan digital di Kementerian Pertanian adalah    a) memenuhi Kepmentan no. 433/Kpts/ HM.160/9/2003 sebagai Pusat Deposit Publikasi di Departemen Pertanian, b) mempermudah dan mempercepat proses temu balik informasi dan c) mempermudah proses pertukaran dan pengiriman informasi (information exchange) antar instansi yang membutuhkan informasi tersebut, terutama lingkup Kementerian Pertanian. Unsur-unsur yang sedang dipersiapkan dalam pembangunan perpustakaan digital adalah perangkat keras, perangkat lunak, sumberdaya manusia, data dan prosedurnya (SOP).

Ditengah perkembangan informasi dan komunikasi yang begitu cepat, keberadaan inovasi teknologi khususnya dibidang pertanian dirasakan begitu penting untuk dihasilkan. Inovasi teknologi tersebut, diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang muncul. Agar inovasi tekologi ini tepat sasaran dan dapat diaplikasi serta diadopsi oleh pengguna, khususnya [ara petani, maka referensi yang tepat dan sesuai menjadi sebuah kebutuhan.

Menjawab kebutuhan informasi teknologi, referensi serta sumber bacaan yang lengkap, Perpustakaan BPTP Kalimantan Selatan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik. Dengan koleksi yang terbilang lengkap, Perpustakaan BPTP Kalimantan Selatan dapat dijadikan sebagai sumber referensi terlebih dalam bidang Pertanian. Tak hanya bidang pertanian, perpustakaan BPTP Kalimantan Selatan pun menyediakan berbagai buku terkait dengan agama, manajemen hingga teknologi informasi dan komputer. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 3.078 judul buku dan 2144 judul artikel telah dikoleksi oleh Perpustakaan yang terletak di Jalan Panglima Batur Barat No. 04 Banjarbaru tersebut.

Tidak dapat dipungkiri, kendala ruang dan waktu untuk mengakses sumber referensi secara tercetak saat ini terus membesar, sehingga pengunjung perpustakaan tak lagi seramai tahun-tahun sebelumnya. namun, untuk menjawab hal tersebut, Perpustakaan BPTP Kalimantan Selatan telah mengikuti tren informasi berbentuk elektronik dalam bentuk digital. Hal ini disebabkan karena di dalam memberikan layanan dan digital sekarang ini terjadi suatu persaingan yang sangat ketat.  Pengembangan ini diharapkan perpustakaan BPTP Kalimantan Selatan mampu untuk menyediakan informasi dan sumber referensi kapanpun dan dimanapun. Salah satunya adalah menggunakan koneksi internet, sumber informasi dan referensi secara terkoneksi di seluruh lingkup Pertanian, termasuk koleksi di Perpustakaan BPTP Kalimantan Selatan siap tersaji di hadapatan kita.

Dalam proses upaya semua ini tentunya tidak luput juga dari berbagai permasalah – permasalahan yang ada. Untuk memecahkan berbagai permasalahan tersebut, maka perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian di bawah komando PUSTAKA (Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian) yang ada di Bogor memberikan berbagai upaya-upaya guna meningkatkan kualitas perkembangan perpustakaan , kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh PUSTAKA diantaranya :

  1. Setiap tahun melakukan koordinasi petugas perpustakaan, di lingkungan Badan Litbang Pertanian dan Direktorat Jenderal Hortikultura sudah dilakukan sejak tahun 2010. Di Ditjen Peternakan sudah dilakukan pada TA 2011. Namun di BPSDMP, kegiatan tersebut belum dapat dilakukan.
  2. Sosialisasi pemanfaatan jurnal dan e-book online yang dilanggan PUSTAKA kepada para pengguna (peneliti, penyuluh dan litkayasa) di lingkungan Badan Litbang Pertanian sudah dimulai sejak tahun 2007 dan dikoordinasikan dengan kegiatan perpustakaan digital pada tahun-tahun berikutnya secara bergilir.
  3. Sosialisasi keberadaan perpustakaan digital Badan Litbang Pertanian dan pemanfaatannya kepada pengguna (peneliti, penyuluh, litkayasa dan pejabat struktural) di lingkungan Badan Litbang Pertanian sudah dimulai sejak tahun 2010 secara bergilir.
  4. Setiap tahun melakukan Pembinaan Perpustakaan UK/UPT di lingkungan Badan Litbang Pertanian dan eselon I lainnya secara bergilir.
  5. Mengundang para pejabat seksi Jasa Penelitian dan KSPP untuk menyamakan persepsi dalam rangka perencanaan pengembangan perpustakaan digital ke depan.

Mudah-mudahan upaya yang sudah dilakukan dan dengan semangat untuk berkembang dan maju perpustakaan BPTP Kalimantan Selatan bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pemustaka. Hal ini tak lupa kami sampaikan kepada pemustaka bahwa untuk membangun dan tampil lebih maju tentunya kami mempunyai kelemahan dan kesalahan, harapan kami kepada pemustaka adalah kritikan dan saran yang membangun tetap kami nantikan, agar kami dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Untuk mengakses koleksi Perpustakaan BPTP Kalimantan Selatan anda cukup mengunjungi laman: digilib.litbang.deptan.go.id/~kalsel. Selamat berselancar.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com