Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Budiyono Si Raja Jagung: “Saya Sedang Berladang Emas” PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Jumat, 25 April 2014 00:00

Raja Jagung Saat Menerima VUB Jagung Bima 20Raja Jagung Saat Menerima VUB Jagung Bima 20Selain faktor teknis, faktor motivasi juga mempunyai peranan yang cukup besar dalam menunjang keberhasilan sebuah usaha, termasuk didalamnya usaha tani. Menyadari hal tersebut, di sesi terakhir kegiatan “Sosialisasi Inovasi PTT Jagung” BPTP Kalimantan Selatan memberikan kesempatan kepada Bapak Budiyono, S,Pd untuk dapat memberikan sharing pengalaman dan motivasi bagi para petani jagung yang hadir. Bapak Budiyono adalah ‘pemain lama’ dalam usahatani jagung di Kabupaten Tanah Laut, yang dengan keberhasilannya saat ini ia mendapatkan julukan sebagai ‘Raja Jagung’.

Julukan tersebut tidak serta merta disematkan. Julukan tersebut ia dapatkan karena mampu mendongkrak produktivitas lahan jagungnya melebihi rata-rata produktivitas petani yang lain. Saat rata-rata produksi jagung Kabupaten Tanah Laut masih pada kisaran 6 ton per hektar, Raja Jagung sudah mampu menghasilkan 12 ton jagung dari satu hektar tanah yang dikelolanya. Rahasianya, Pak Budi tidak pernah berfikir sedang menanam jagung, namun menancapkan dalam pikirannya bahwa ia sedang berladang emas. Konsekuensinya, ia akan mencurahkan segala perhatian kepada ‘ladang emasnya’ hingga ia benar-benar menghasilkan jagung yang berkualitas emas.

Tentu, semuanya tidak diraih secara instan. Berbagai pengorbanan telah ia berikan hingga dapat meraih kesuksesan seperti sekarang ini. Saat pertama kali bertanam jagung, satu hektar lahannya hanya menghasilkan jagung sebanyak 3 ton. Namun, semangat pantang menyerahnya menjadikan berbagai macam tantangan dapat ia hadapi. Selain itu, dukungan dari berbagai pihak membuatnya yakin untuk terjun lebih jauh didunia perjagungan. Dukungan dan fasilitas dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, dukungan inovasi teknologi dari Balitbangtan khususnya BPTP Kalimantan Selatan dan dukungan dari pihak swasta begitu besar ia rasakan.

Hebatnya lagi, Pak Budi tidak ingin hanya ia yang sukses berbudidaya jagung. Ia tidak pernah ragu untuk berbagi ilmu, baik dengan berkunjung langsung ke ‘Istana Jagung’ miliknya di Desa Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, maupun dengan mengundanya dalam berbagai acara pelatihan. Karena menurutnya, setiap orang berhak untuk hidup lebih sejahtera. Sebuah contoh yang luar biasa, ditengah upaya mencapai swasembada jagung berkelanjutan tahun 2014. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com