Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
m-KRPL Kalsel : Prospek Pengembangan Serai Wangi di Pekarangan dan Kebun PDF Cetak E-mail
Oleh Ir. Retna Qomariah, M.Si dan Agus Hasbianto, SP, M.Si   
Jumat, 02 Mei 2014 00:00

serai wangi desa 3 A kalselserai wangi desa 3 A kalselModel Kawasan Rumah Pangan Lestari (m-KRPL) di Kalimantan Selatan telah menjangkau seluruh kabupaten/kota yang ada di provinsi ini. Kelompok komoditas yang  paling banyak diusahakan adalah sayuran dan ikan, sebagian lainnya juga menanam TOGA dan mengusahakan ternak ayam. Pemilihan tanaman ataupun ternak yang diusahakan umumnya karena tanaman-tanaman dan ternak atau ikan tersebut dapat digunakan langsung oleh rumah tangga, dan dapat dijual dengan jumlah tertentu ke pedagang atau pasar terdekat.

Sebagai bentuk upaya tim pendamping KRPL BPTP Kalimantan Selatan agar kegiatan pemanfaatan pekarangan tersebut dapat berlanjut, dilakukan melalui penguatan kelompok dan membangun akses pasar. Umumnya kelompok sasaran berkeinginan agar produk yang dihasilkan dari lahan pekarangan mereka dapat dijual dan memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga. Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghubungkan RPL-RPL yang telah terbentuk dalam KRPL melalui kelompok dengan pihak yang memiliki akses pasar atau sebagai pembeli produk hasil pekarangan. Salah satunya adalah pengusaha minyak Atsiri yang berada di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satu pengusaha, ibu Nur Jannah, telah memiliki fasilitas penyulingan minyak Atsiri sebanyak dua buah dengan kapasitas kecil dan sedang. Pengusaha tersebut setiap bulannya memiliki permintaan pasokan minyak Atsiri sebanyak 5 ton, namun baru dapat dipenuhi sekitar 100 - 200 kg. Terbatasnya produksi disebabkan oleh terbatasnya pasokan bahan baku, yang berasal dari tanaman serai wangi dan ilang-ilang. Sementara itu, upaya penanaman secara luas tanaman penghasil minyak Atsiri tersebut terkendala dengan keterbatasan lahan dan lokasi yang jauh. Peluang tersebut disambut baik oleh RPL dan kelompok, dan pada tahap awal akan ditanam di lahan desa dan sekitar KBD. Selain itu, beberapa RPL juga berkeinginan menanamnya disela kebun karet muda (TBM). Penanaman dan pemeliharaan yang sangat mudah telah menguatkan minat RPL untuk menanam dan mengembangkan tanaman tersebut. Selain itu, panen bahan baku dari tanaman tersebut dilakukan secara kontinyu setiap bulan tanpa memerlukan penggantian tanaman.

Mudah-mudahan, tanaman penghasil minyak Atsiri tersebut dapat dikembangkan dalam kawasan KRPL sehingga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan rumah tangga.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com