Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Panen Raya Padi dan Pencanangan Gerakan Tanam Kedelai Kabupaten Tabalong PDF Cetak E-mail
Oleh Ir. Taufik Rahman   
Senin, 05 Mei 2014 00:00

Panen Raya Padi di Desa Luk BayurPanen Raya Padi di Desa Luk BayurAcara Panen Raya Padi dan Pencanangan Gerakan Tanam Kedelai oleh Bupati Tabalong di Desa Luk Bayur Kecamatan Tanta, dihadiri Bupati Tabalong terpilih Bapak Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si, Unsur Muspida Kabupaten Tabalong, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (Bapak Prof. Dr. Lutfi Fatah, M.Sc) Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Kal Sel, UPTD Lingkup Pertanian Prov. Kal Sel, Kepala BPTP Kal Sel, yang mewakili Kepala Balitra, Direktur Tambang PT. Adaro, Perbankan, Kelompoktani se Kabupaten Tabalong.

Pelaksanaan dilakukan di lahan petani desa Luk Bayur Kecamatan Tanta dengan Pemanenan Padi Varietas Ciherang oleh Bupati Tabalong, Dandim 1008 Tanjung, Kapolres Tabalong, Kepala Dinas Pertanian TPH Prov Kal Sel, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kab. Tabalong, Kepala BPTP Kal Sel dan Dekan Faperta UNLAM. Lokasi Panen dilanjutkan dengan mengambil ubinan menghasilkan 8,6 ton GKP atau setara dengan 20 blek padi per borongan (289 m2) atau setara dengan 4,63 ton beras.

Acara Temu Lapang dilakukan dengan rangkaian Penandatangannan Nota Kesepahaman antara Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tabalong dengan Komandan Kodim 1008 Tanjung pada kegiatan pencanangan upaya peningkatan produksi Padi, jagung dan Kedelai di Kabupaten Tabalong. Acara juga dibarengi dengan pemberian hadiah kepada Penyuluh dan Kelompoktani berprestasi se Kabupaten Tabalong.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan dukungan penuh 5 tahun ke depan untuk peningkatan kesejahteraan petani Tabalong terutama usahatani tanaman pangan, selain perkebunan dan peternakan juga perikanan. Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Kalimantan Selatan memberikan motivasi atas hasil produktivitas usahatani pangan terutama padi, jagung dan kedelai bahwa semua komoditas tersebut dapat ditingkatkan dengan mengikuti anjuran terutama teknologi produksi.

Kepala BPTP Kalimantan Selatan juga menyampaikan bahwa BPTP Kalsel sebagai UPT Badan Litbang Kementan di daerah siap membantu dalam bentuk pendampingan atau pengawalan teknologi spesifik lokasi di wilayah Kalimantan Selatan khususnya untuk Kabupaten Tabalong. Hingga saat ini BPTP Kalsel telah banyak berperan dalam kegiatan pengembangan teknologi pertanian antara lain : PTT Padi, Kedelai dan Jagung. Pendampingan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK), Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (m-KRPL) serta kegiatan-kegiatan lain yang bersifat pengkajian spesifik lokasi. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com