Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Petani Desa Pulau Ku’u Kecamatan Tanta Semangat Bertanam Kedelai PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Senin, 14 Juli 2014 00:00

Salah Satu Petani Sedang Mengamati PertanamanSalah Satu Petani Sedang Mengamati PertanamanLetaknya sekitar dua kilometer dari pusat permukiman penduduk. Sepanjang jalan setapak, berdiri kokoh pohon-pohon karet yang mulai berproduksi. Dibalik kebun-kebun karet, terhampar puluhan hektar lahan yang seolah baru tersentuh kembali, sebagian masih dengan semak belukar yang tak kalah tinggi. Sebagian lagi, terhampar tanaman kedelai dengan berbagai umur yang tampak dirawat baik oleh petani.

Itulah gambaran tim monev BPTP Kalimantan Selatan, ketika mengunjungi lokasi pertanaman kedelai di Desa Pulau Ku’u, Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong yang merupakan petani dampingan kegiatan SLPTT Kedelai. Optimisme seketika itu muncul, melihat perkembangan tanaman kedelai yang cukup baik. Ditambah, semangat para petani binaan untuk mensukseskan pertanaman kedelai di desa mereka. Bahrudin misalnya, sang ketua kelompok ini sangat bersemangat unutuk membuktikan bahwa bertanam kedelai hasilnya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya menjadi buruh penyadap tanaman karet. Jika misinya berhasil, maka ia yakin banyak dari petani yang lain terutama yang masih dalam usia produktif, akan kembali melirik usahatani kedelai.

Motivasi seluruh tim SLPTT Kedelaipun tak kalah tinggi untuk mensukseskan pertanaman kedelai seluas 4,5 hektar tersebut. Harapannya, ketika masuk waktu panen nanti, hasilnya dapat diekspos ke pemerintah daerah dan petani di desa-desa yang lain melalui temu lapang, khususnya kepada Bupati baru Kabupaten Tabalong. Karena, beberapa waktu sebelumnya Bupati Tabalong telah menetapkan lima kecamatan sebagai lumbung pangan kabupaten, salah satunya adalah Kecamatan Tanta. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com