Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Panen Pedet di Sentra Pembibitan Sapi Bali Kalimantan Selatan PDF Cetak E-mail
Oleh Ir. Arief Darmawan   
Sabtu, 13 September 2014 17:07

Prosesi Pemasangan Eartag Pada PedetProsesi Pemasangan Eartag Pada PedetSebagai realisasi dari upaya menjadikan Kabupaten Barito Kuala sebagai Sentra Perbibitan Sapi Bali, pada Sabutu 13 September 2014 telah dilakukan panen pedet di Asosiasi Kelompok Ternak “Lembu Sura” di Desa Sidomulyo, Kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala. Acara panen pedet tersebut dihadiri oleh Dirjen peternakan dan Kesehatan Hewan kementerian Pertanian, BPTU Batu Raden, Sekda Provinsi Kalimantan Selatan yang mewakili Gubernur Kalimantan Selatan beserta jajaran Muspida Tingkat I, Bupati Barito Kuala beserta jajaran Muspida Tingkat II , Kadisnak Provinsi Kalsel, Kadisnak Kabupaten Batola, BPTP kalsel dan masyarakat Kecamatan Wanaraya.

Dari hasil recording, sebanyak 200 ekor pedet telah dinyatakan layak sebagai bibit sapi berkualitas dengan katagori I dan diberikan Surat Keterangan Layak Bibit (SKLB) dari Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Hal ini menjadi sebuah hal yang positif, ditengah upaya untuk menyediakan 1000 ekor bibit sapi bali yang layak untuk dijadikan sebagai bibit.

BPTP Kalimantan Selatan sebagai penyedia inovasi pertanian termasuk didalamnya sektor peternakan turut berperan serta dalam upaya mewujudkan Kabupaten Batola sebagai sentra Perbibitan Sapi Bali. Para peneliti dan penyuluh yang mempunyai kompetensi di bidang peternakan telah mendiseminasikan beberapa inovasi teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi budidaya ternak sapi. Pada tahun 2014, Desa Sidomulyo merupakan salah satu lokasi pendampingan PSDSK BPTP Klimantan Selatan. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com