Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Toga Ternak, Solusi Praktis Menjaga Kesehatan Ternak PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Jumat, 19 September 2014 09:32

Miniatur Toga Ternak di Open House BPTP KalselMiniatur Toga Ternak di Open House BPTP KalselMenjaga kesehatan ternak menjadi salah satu faktor penting dan sangat menentukan dalam keberhasilan usaha peternakan. Selain bersifat kuratif, mejaga kesehatan ternak dapat dilakukan juga secara preventif, yaitu mencegah dan meminimalisir sumber-sumber datangnya penyakit. Menjaga sanitasi dan kebersihan kandang adalah salah satu aktivitas yang dapat dilakukan. Selain itu, dapat juga dengan meningkatkan kekebalan tubuh ternak, sehingga penyakit tidak dapat menyerang ternak.

Menjaga kekebalan tubuh secara alami dapat dilakukan dengan memberikan jamu ternak, yang telah terbukti efektif. Ramuan dari berbagai jenis rempah dan tanaman obat ini, selain mudah dibuat juga tidak menimbulkan efek samping bagi ternak. Salah satu kendala yang dihadapi dalam produksi jamu ternak adalah bahan baku yang tidak selalu tersedia dan harganya yang fluktuatif.

Untuk mengatasi hal tersebut, solusi yang paling mudah adalah memanfaatkan lahan disekitar kandang untuk ditanami tanaman obat dan rempah sebagai bahan baku jemu ternak. Jika untuk menyediakan bahan baku obat-obatan herbal bagi manusia terdapat istilah Tanaman Obat Keluarga (Toga), maka lahan yang ditanami oleh berbagai tanaman obat dan rempah untuk membuat jamu ternak dapat disebut dengan Toga Ternak. Miniatur kandang dengan toga ternak disekitarnya, telah ditampilkan dalam Open House BPTP Kalimantan Selatan, 06 Agustus 2014 lalu dan cukup mendapatkan respon dari pengunjung. [roen]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com