Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
[SDG KALSEL] Gitaan : Tanaman Buah Menjalar Yang Mulai Sulit Dicari PDF Cetak E-mail
Oleh Aidi Noor & Agus Hasbianto   
Jumat, 21 April 2017 09:00

Kalimantan Selatan kaya akan berbagai jenis tanaman buah, namun sebagian besar juga mulai sulit dicari. Gitaan adalah salah satu jenis buah yang mulai sulit ditemukan di Kalimantan Selatan. Buah Gitaan mungkin bisa dilihat di lapak pedagang tradisional di pinggir jalan provinsi Kalimantan Selatan dan pada "musim buah" saja.

Saat ini, awal bulan Desember 2014, buah Gitaan mulai terlihat dijual oleh pedagang buah kecil di sekitar Astambul Kabupaten Banjar. Buah Gitaan memang bukanlah buah kesukaan banyak orang. Buah yang memiliki rasa asam-asam manis tersebut, daging buahnya agak tipis dan agak berlendir/berair. Warna biji coklat, pipih dengan ukuran panjang 2,1-2,5 cm, lebar 1,3-1,5 cm.

Tanaman Gitaan tumbuh merambat, dengan ukuran batang sebesar lengan orang dewasa dan berwarna coklat, dan bergetah putih. Daunnya berbentuk lanceolatus, dengan ujung dan pangkal daun meruncing, berwarna hijau tua. Buahnya bulat, dengan kulit halus, berwarna hijau ketika masih muda dan berwarna hijau kekuningan hingga orange ketika sudah masak.

Tanaman Gitaan masih dapat ditemukan di wilayah Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Selatan.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com