Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Temu Lapang Produksi Benih Sumber Tanaman Pangan PDF Cetak E-mail
Oleh Fakhrina & Agus Hasbianto   
Senin, 01 April 2013 00:00

Temu Lapang Produksi Benih Sumber Tanaman Pangan di Kalimantan Selatan.

Temu Lapang UPBSTemu Lapang UPBSGuna mendukung swasembada beras berkelanjutan, Badan Litbang Pertanian telah merakit varietas-varietas unggul padi dengan potensi hasil tinggi. Untuk mempercepat penyebaran varietas-varietas unggul tersebut ke seluruh provinsi di Indonesia, maka Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) disetiap Provinsi telah memiliki Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS). Peran utama UPBS adalah melakukan produksi benih kelas FS (benih dasar), SS (benih penjenis) dan ES (benih sebar).

Upaya memperkenalkan berbagai varietas unggul padi, khususnya varietas unggul baru (VUB) yang telah diproduksi oleh UPBS, diantaranya dilakukan melalui kegiatan temu lapang yang dihadiri oleh Stake holders terkait di daerah (Kepala Daerah, Dinas Pertanian, BPSB, BBI, dll), petugas lapang (penyuluh pertanian, mantri tani, penyuluh swadaya), perguruan tinggi (Unlam), mitra kerja dari BUMN/swasta (PT. Pertani, petani penangkar) dan petani padi. Temu lapang telah dilaksanakan pada tanggal 1 April 2013, bertempat di lahan produksi benih padi Kebun Percobaan (KP) Pelaihari.

Kepala BPTP Kalimantan Selatan, Dr. Muhammad Yasin, MP dalam sambutannya menyampaikan mengenai peran penting UPBS dalam penyediaan benih unggul bermutu, sehingga kedepan akan dilaksanakan perbaikan sarana dan prasarana maupun manajemen UPBS BPTP Kalimantan Selatan. Benih sumber yang diproduksi dan diperbanyak oleh UPBS BPTP Kalimantan Selatan terdiri dari komoditas padi, jagung dan kedelai dengan kelas benih FS, SS dan ES. Kepala BPTP Kalsel juga menyampaikan bahwa telah banyak Pemulia jagung dari Balai Penelitian Serealia Maros yang menghasilkan benih jagung hibrida terbaru yang tidak kalah dengan jagung hibrida yang telah berkembang di tingkat petani. Kepala Balai menambahkan bahwa saat ini di KP Pelaihari telah dilakukan perbanyakan benih jagung silang tiga jalur (STJ) varietas URI (Untuk Republik Indonesia), yang baru pertama kali ditanam di Kalimantan Selatan bahkan di Indonesia. Benih yang dihasilkan juga cukup  menggembirakan, yaitu mencapai 6 t/ha.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Tanah Laut menyampaikan harapan agar teknologi-teknologi yang telah dihasilkan oleh BPTP Kalimantan Selatan dimanfaatkan oleh petani untuk meningkatkan pendapatan petani. Kadistanbun menyampaikan hal tersebut terkait dengan kebijakan pemerintah yang mulai tahun 2013 ini mulai menerapkan kebijakan subsidi harga benih, khususnya melalui fasilitasi kegiatan SLPTT. Benih unggul bermutu sebagai salah satu komponen SL-PTT yang dapat meningkatkan hasil, selain pengaturan jarak tanam, pengairan dan lainnya. Komponen-komponen tersebut belum seluruhnya diterapkan petani.

Salah satu acara penting dalam temu lapang kali ini adalah penilaian varietas oleh peserta yang hadir. Hasil penilaian menunjukkan bahwa varietas yang paling disukai adalah varietas Inpari 9 Elo. Menurut peserta, varietas ini memiliki bentuk gabah yang ramping, jumlah anakan yang banyak dan daun bendera yang tegak dan lebih tinggi daripada malai, sehingga dapat mencegah dari serangan hama burung. Kelebihan lainnya dari varietas ini adalah mempunyai potensi hasil sampai dengan 9,1 t/ha, mempunyai rasa nasi pulen, tahan terhadap tungro, dengan umur tanaman 125 hari. Varietas padi lainnya yang disukai adalah Inpari 10 Laeya, Inpari 1 dan Inpari 16 Pasundan. Varietas Inpari 10 Laeya mempunyai potensi hasil bisa mencapai 7 t/ha, yang merupakan persilangan dari Varietas IR 64 yang dulunya disukai pula. Varietas Inpari 1, potensi hasil bisa mencapai hingga 10 t/ha, juga merupakan persilangan dari Varietas IR 64, dengan rasa nasi pulen. Sedangkan Varietas Inpari 16 Pasundan, mempunyai potensi hasil bisa mencapai sampai dengan 7,6 t/ha dengan rasa nasi pulen, dan varietas ini merupakan persilangan dari Varietas Ciherang, diharapkan varietas ini bisa sebagai varietas pengganti atau sandingan dari Varietas Ciherang yang sangat disukai di Provinsi Kalimantan Selatan. (admin-agus hasbi)


LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com