Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
KPL Guntung Payung menjadi Wadah Belajar Anak-anak Sekolah PDF Cetak E-mail
Oleh Yanuar Pribadi & Retna Qomariah   
Rabu, 31 Desember 2014 15:44

Salah satu fungsi pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) adalah sebagai tempat belajar atau pendidikan, termasuk bagi anak-anak sekolah. Fungsi ini telah dilaksanakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Tani di Kelurahan Guntung Payung, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan sebagai salah satu lokasi pengembangan model KRPL di Kalimantan Selatan. Pada tanggal 18 -20 Desember 2014, KPL Guntung Payung kembali dikunjungi anak-anak sekolah untuk belajar mengenal berbagai jenis sayur-sayuran dan cara menanamnya. Kali ini yang datang belajar adalah anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dari Kecamatan Landasan Ulin. Mereka datang didamping oleh guru-guru sekolah dan orang tua siswa.

Kedatangan anak-anak tersebut langsung diterima oleh Ketua KWT Sekar Tani (Ibu Suti) dan anggotanya Banjarbaru serta Pendamping KRPL dari BPTP Kalimantan Selatan (Bapak Ir.Yanuar Pribadi, M.Si. dan Ibu Ir. Retna Qomariah, M.Si).

Dalam kunjungan ini, anak-anak PAUD yang datang sangat gembira dan antusias karena bisa melihat secara langsung berbagai jenis tanaman terutama sayuran seperti sawi, kangkung, bayam dan lain-lain di KPL Kelurahan Guntung Payung termasuk yang ditanam di pekarangan rumah penduduk. Melalui gurunya, anak-anak diajari mengenal secara langsung setiap bagian tanaman sayuran yang ada, seperti akar, batang dan daun, sedangkan dari Ketua KWT Sekar Tani anak-anak diajari cara menanam sayuran sawi.

Pada saat yang sama para orang tua murid berkunjung ke KBD (Kebun Bibit Desa) dan melihat berbagai jenis bibit tanaman yang siap dikembangkan di pekarangan. Ketua KWT Sekar Tani langsung menjelaskan kepada ibu-ibu yang berkunjung tersebut tentang berbagai khasiat tanaman obat yang dikembangkan di KBD sekaligus menjelaskan fungsi dari KBD itu sendiri. KBD di m-KRPL Kelurahan Guntung Payung yang dibina/didampingi oleh BPTP Kalimantan Selatan sudah dapat melayani kebutuhan benih di luar kawasan. Dalam dua tahun terakhir ini selain menjual bibit sayuran juga telah menjual bibit toga (tanaman berkhasiat obat), bibit buah, dan tanaman hias, bahkan sekarang mulai merintis penjualan produk olah dari hasil pekarangan seperti bubuk jahe instan, cendol dari pati ganyong, jamu gendong, dan lain-lain. Keuntungan dari penjualan bibit dan produk olahan tersebut sebagian disisihkan untuk kas kelompok dan dijadikan usaha simpan pinjam anggota.

Setelah anak-anak selesai belajar mengenal dan menanam sayuran sambil bermain, masing-masing anak dipersilakan belajar memanen tanaman yang ada (sawi). Anak-anak senang memperoleh pengalaman baru mengenal tanaman secara langsung dan melaksanakan panen sendiri.

Melalui kunjungan berbagai lapisan masyarakat termasuk anak-anak PAUD ini ke KPL Guntung Payung, maka program KRPL yang merupakan inovasi dari Balitbangtan yang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarkat sebagai sarana belajar sekaligus sosialisasi pemanfaatan pekarangan melalui berbagai inovasi.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com