Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
UPSUS PAJALE : Pencanangan Pembangunan Jaringan Irigasi di Kab. Batola PDF Cetak E-mail
Oleh Ir. Fakhrina, M.Si   
Jumat, 30 Januari 2015 07:49

Kabupaten Barito Kuala adalah salah satu sentra produksi padi di Kalimantan Selatan yang lahan sawahnya didominasi oleh agroekosistem pasang surut. Pada tahun 2013 (BPS, 2014), sekitar 120.000 ha lahan pasang surut telah dimanfaatkan untuk pertanaman padi sawah.

Varietas padi yang banyak diusahakan adalah padi siam, yang memiliki rasa nasi pera dan ditanam oleh sebagian besar petani di Batola. Agroekosistem pasang surut menyediakan air yang melimpah, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian. Namun demikian, diperlukan adanya pengelolaan lahan dan air agar potensi ketersediaan air tersebut dapat mendukung pertumbuhan dan produksi tanaman.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala bersama Kementerian Pertanian yang diwakili oleh BPTP Kalimantan Selatan dan TNI-AD pada tanggal 20 Januari 2015 melakukan peletakan batu pertama kegiatan pembangunan jaringan irigasi tahun 2015. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Suka Ramai Kecamatan Belawang, yang diikuti oleh Assisten II, Kasdim 1005, Kepala BPTPH Prov Kal-Sel, Dinas Pertanian TPH Kab. Batola, LO Upsus Pajale BPTP Kalimantan Selatan, BKPP Kab Batola, Koramil Kec Belawang, Kapolsek Belawang, Camat Belawang, Kepala BPK Kec Belawang, Penyuluh, Babinsa, Kepala Desa serta masyarakat Desa Suka Ramai.

Asisten II mewakili Bupati Batola menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari komitmen Kementan dan TNI-AD. Di Kalimantan Selatan, Kab. Batola merupakan salah satu kabupaten yang memberikan kontribusi terbesar bagi produksi padi di Provinsi.

Bupati sangat antusias dengan kegiatan ini, karena tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Bupati juga berharap agar nantinya jaringan irigasi yang dibangun ini agar dijaga  dan dipelihara. Kegiatan ini juga akan selalu dikawal dan didampingi TNI-AD.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com