Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
UPSUS PAJALE : Rakor UPSUS Kabupaten Tanah Bumbu PDF Cetak E-mail
Oleh Taufik Rahman dan Agus Hasbianto   
Kamis, 29 Januari 2015 11:01

Seluruh kabupaten di Kalimantan Selatan bergerak cepat mengimplementasikan upaya khusus dalam pencapaian swasembada padi, jagung dan kedelai di Kalimantan Selatan dan mendukung UPSUS PAJALE Nasional.

Di Kabupaten Tanah Bumbu, kegiatan teknis di lapang sudah berjalan. Untuk memperkuat kerjasama antara Kementerian Pertanian, TNI-AD dan Pemerintah daerah sebagai pelaksana kegiatan di lapang, maka pada tanggal 29 Januari 2015 dilaksanakan Rapat Koordinasi UPSUS Pencapaian Swasembada dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu, diantaranya dilakukan penandatangan kesepahaman (MoU) antara Bupati Tanah Bumbu dengan Kasdim 1022 Tanah Bumbu yang mewakili Kodim 1022 untuk bersama-sama mensukseskan Upsus tersebut. Penandatanganan disaksikan oleh Kepala BPTP Kalimantan Selatan yang mewakili Kementerian Pertanian.

Hadir dalam Rakor UPSUS PAJALE yaitu Bupati Tanah BumbuĀ (Mardani H. Maming, SH), Kasdim 1022 Tanah Bumbu, Mayor Inf. Eko Budianto beserta Pasiter dan seluruh Danramil serta 59 Babinsa, Kepala BPTP Kalimantan Selatan, Dr. Muhammad Yasin dan LO UPSUS PAJALE Kabupaten Tanah Bumbu, Sekda Tanah Bumbu dan Kepala SKPD terkait serta 124 orang Penyuluh Lapang (PPL).

Dalam paparan dan diskusi, Bupati Tanah Bumbu (Mardani H. Maming, SH) menyampaikan dukungan dan komitmen terhadap pembangunan pertanian di Tanah Bumbu. Salah satu poin penting dalam mencapai target UPSUS, menurut bupati, adalah penyediaan alat dan mesin pertanian. Selama ini, selain melalui program khusus pemerintah, petani mendapatkan alsin secara swadaya dengan pembayaran secara cicilan. Ke depan, Bupati mengupayakan adanya pemutihan mekanisme pengadaan traktor tersebut, sehingga petani tidak lagi dibebani oleh hutang atas pembelian alsin.

Kasdim 1022 Tanah Bumbu, menyampaikan bahwa dukungan TNI-AD terhadap kegiatan pertanian terutama UPSUS PAJALE adalah bagian dari tugas TNI-AD, Karena prajurit tidak hanya menghadapi peperangan namun juga non peperangan. Oleh karena itu, gerakan UPSUS PAJALE yang dilaksanakan Kementerian Pertanian dan didukung TNI-AD diharapkan akan menunjukkan keberhasilan dalam pencapaian swasembada pangan.

Selama Rakor berlangsung, diskusi antara peserta dengan pemateri juga berlangsung hangat. Beberapa poin yang banyak disampaikan oleh peserta adalah perlunya dukungan alat dan mesin pertanian (alsin) untuk meningkatkan produktivitas dan perluasan tanam. Selain itu, beberapa lokasi sawah di Kabupaten Tanah Bumbu seperti di Kecamatan Kusan Hulu bisa 3 kali tanam dalam setahun namun perlu dukungan alsin terkait pengairan. Setidaknya terdapat 10 desa di Kusan Hulu yang dilintasi sungai, sehingga jika didukung oleh 10 pompa air untuk setiap desa, menurut BPP Mudalang, maka akan mudah menyediakan/mengatur air sehingga memungkinkan untuk tiga kali tanam dalam setahun.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com