Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Sosialisasi Gerakan Swasembada Pangan di Kab. Tapin PDF Cetak E-mail
Oleh agus hasbianto dan taufik rahman   
Senin, 09 Februari 2015 10:51

Kabupaten Tapin menargetkan peningkatan produksi sebesar 15% pada tahun 2015. Berbagai program terobosan telah disusun oleh stakeholders terkait (lintas sektor) dan sebagian diantaranya telah dilaksanakan.

Pada hari senin tanggal 09 Februari 2015, dilaksanakan Sosialisasi Gerakan Swasembada Pangan yang dilaksanakan antara Stakeholders Pertanian (Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pertanian Kab. Tapin) dengan TNI-AD. Hadir dalam acara tersebut Bupati Tapin, Perwakilan Danrem Mulawarman, Dandim 1010 Tapin, Kepala Dinas Pertanian TPH Prov. Kalsel, Direktur PHPT Kemtan, Kepala BPTP Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Pertanian Kab. Tapin, SKPD terkait Kab. Tapin. Para Camat se-Kab. Tapin, Para Mantri Tani dan PPL, serta Kelompok Tani se-Kabupaten Tapin.

Dalam sambutannya, Bupati Tapin H.M Arifin menyampaikan harapannya agar Tapin mampu memenuhi target produksi. Pada tahun 2015 ini, beberapa program yang dapat mendongkrak produksi akan dilaksanakan di Tapin, diantaranya pembangunan bendungan pipatak jaya yang akan mampu menyediakan air bagi sekitar 6.000 ha sawah dan menyediakan energi listrik (PLTA) sekitar 5 MW. Siang hari setelah pertemuan, Bupati, Danrem dan rombongan akan meninjau langsung ke lokasi pembangunan bendungan pipitak jaya yang rencananya akan diresmikan secara langsung oleh Presiden RI pada bulan Agustus 2015.

Kepala BPTP Kalimantan Selatan, dalam kesempatan ini menyampaikan harapan agar swasembada pangan benar-benar terwujud maka Pemerintah secara bersama-sama harus mengupayakan agar tidak terjadi lagi keterlambatan dalam penyediaan benih unggul, pupuk dan alsintan yang diperlukan oleh petani.

Salah satu agenda penting dalam sosialisasi ini adalah pendatangan Nota Kesepahaman/Kerjasama (MoU) antara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin dengan Dandim 1010 Tapin yang disaksikan oleh Bupati Tapin, Danrem Mulawarman, Direktur PHPT dan Kepala BPTP Kalsel, serta Kepala Dinas Pertanian TPH Prov. Kalsel. 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com