Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Banner
Indo Jarwo Transplanter, Mekanisasi Untuk Mempercepat Tanam Padi PDF Cetak E-mail
Oleh Agus Hasbianto, SP, M.Si   
Senin, 16 Februari 2015 07:40

Indo Jarwo Transplanter, Solusi Menanam Lebih CepatIndo Jarwo Transplanter, Solusi Menanam Lebih CepatSalah satu kendala dalam kegiatan perluasan sawah adalah terbatasnya tenaga kerja, sejak persiapan lahan hingga tanam dan panen. Permasalahan tenaga kerja tersebut hampir dialami oleh petani pada semua agroekosistem, baik di sawah irigasi, tadah hujan, rawa pasang surut dan rawa lebak. Kepemilikan lahan sawah di wilayah beririgasi umumnya berkisar 0,25 – 1 ha setiap petani, namun di wilayah-wilayah yang memiliki agroekosistem rawa pasang surut dan rawa lebak seperti Kalimantan Selatan, kepemilikan lahan petani-petani padi umumnya cukup luas antara 1 sampai dengan > 3 ha. Selain kompetisi tenaga kerja dengan sektor non pertanian seperti perdagangan dan pertambangan, kompetisi dalam sektor pertanian juga terjadi diantaranya dengan perusahaan perkebunan. Penduduik dengan usia produktif umumnya memilih menjadi tenaga kerja di sektor perkebunan dan non pertanian, sehingga yang tersisa untuk sektor pertanian khususnya usahatani padi adalah penduduk dengan usia kurang produktif. Hal tersebut merupakan salah satu kendala yang membuat produktivitas pertanian padi sawah menjadi rendah.

Kendala usahatani padi sawah yang berkaitan dengan bio-fisik lahan telah mampu diatasi dengan menggunakan berbagai inovasi teknologi pertanian yang dikembangkan oleh Badan Litbang Pertanian dan sebagian merupakan kearifan lokal. Petani padi dapat mengolah lahan hingga panen berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari petani lain ataupun pengetahuan yang turun temurun. Namun masalah keterbatasan tenaga kerja, mengakibatkan sulitnya dilakukan perluasan areal tanam di wilayah dengan agroekosistem tersebut. Badan Litbang Pertanian juga telah memiliki solusi untuk mengatasi keterbatasan tenaga kerja melalui Mekanisasi Pertanian, sejak pengolahan tanah hingga panen telah tersedia berbagai alat mekanis yang mudah dioperasionalkan oleh petani.

Salah satu alat mekanis yang perlu dimiliki oleh petani ataupun kelompok tani adalah Mesin Tanam Padi Indo Jarwo Transplanter. Mesin Indo Jarwo Transplanter akan membuat usahatani padi petani lebih efisien, karena akan mempercepat waktu dan menurunkan biaya tanam. Untuk menanam 1 ha bibit padi, satu unit Mesin Tanam Indo Jarwo Transplanter  mempunyai kemampuan setara dengan 20 tenaga kerja tanam. Selain itu mesin tanam indo Jarwo Transplanter mampu menurunkan biaya tanam dan sekaligus mempercepat waktu tanam. Mesin tersebut akan membantu petani menanam padi dengan sistem tanam jajar legowo (jarwo) 2:1.

Sistem tanam jarwo 2:1 telah dibuktikan mampu mendorong peningkatan produktivitas padi. Melalui sistem tanam tersebut populasi tanaman akan tetap tinggi yaitu mencapai 213.000 tanaman/hektar. Produktivitas padi sawah melalui sistem tanam jarwo lebih tinggi 13,83% dibandingkan sistem tegel.

Oleh karena itu, sudah saatnya memulai modernisasi pertanian khususnya padi sawah dengan menggunakan inovasi teknologi anak negeri sendiri. Cara tersebut merupakan langkah awal untuk mewujudkan kejayaan pertanian Indonesia dan pelaku utamanya.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com