Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pelatihan Pembuatan Jamu Ternak Desa Hambuku Raya PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Rabu, 28 Juni 2017 16:00

Membuat Jamu, Alternatif Menjaga Kesehatan TernakMembuat Jamu, Alternatif Menjaga Kesehatan TernakMenunjang keberhasilan pengkajian serta mencegah adanya serangan penyakit terhadap itik yang dijadikan bahan pengkajian, Tim Pengembangan Ayam KUB dan Itik Alabio BPTP Kalimantan Selatan melakukan pelatihan pembuatan jamu ternak unggas di Kelompok Ternak Desa Hambuku Raya, Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Hambuku Raya ini tidak hanya dihadiri oleh bapak-bapak yang merupakan anggota kelompok, namun juga banyak dihadiri oleh ibi-ibu yang ingin mendapatkan informasi yang sama mengenai cara pembuatan jamu ternak serta manfaatnya untuk ternak unggas mereka.

Disampaikan oleh Pagiyanto, S.ST, pembuatan jamu ternak disampaikan secara sederhana dan melalui praktik langsung, para peserta dapat dengan mudah memahami. Bahkan, bagi sebagian anggota, pembuatan jamu ternak sudah pernah disampaikan oleh staf Dinas Peternakan setempat. Menurut mereka teknologi pemanfaatan bahan alami untuk pembuatan jamu ini cukup baik dan cukup mudah untuk diaplikasikan.

Permasalahan yang mungkin akan dihadapi oleh peternak dalam keberlangsungan pengolahan jamu ternak ini adalah bahan-bahan yang mungkin tidak mudah didapatkan di lokasi. Sebagai solusinya, untuk sementara waktu, bahan-bahan yang sulit didapatkan akan dibantu untuk disediakan, termasuk tanamannya agar dapat dibudidayakan di lokasi. Disampaikan juga bahwa jamu ternak ini lebih pada upaya pencegahan masuknya penyakit, bukan berfungsi sebagai obat. Pemberian rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh ternak unggas, sehingga tidak mudah sakit. [rn]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com