Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Diseminasi Teknologi Budidaya Kedelai PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 11 Agustus 2017 10:00

Pelatihan Teknologi Budidaya Kedelai di Desa Kunyit Pelatihan Teknologi Budidaya Kedelai di Desa Kunyit Memasuki umur pertanaman 75 hari, tim Pendampingan Pengembangan Kawasan Kedelai BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan melaksanakan pelatihan mengenai budidaya tanaman kedelai. Diikuti oleh anggota kelompok yang menjadi kooperator sebanyak 30 orang serta dihadiri oleh beberapa orang petugas dari instansi terkait, pelatihan yang disampaikan lebih bersifat penyampaian pengalaman dari petani yang menanam kedelai. Pengkaji dari BPTP Kalimantan Selatan lebih banyak menyampaikan mengenai latar belakang pengkajian yang dilakukan, serta Tugas Pokok dan Fungsi dari BPTP Baitbangtan Kalimantan Selatan terkait dengan inovasi teknologi spesifik lokasi.

Bertempat di saung pertemuan  kelompok di Desa Kunyit, Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut dengan latar belakang pertanaman kedelai dari empat varietas, pertemuan berlangsung menarik. Ditambah lagi, secara penampakan agronomis, Anjasmoro, Dena, Dering dan Demas yang siap panen tersebut terlihat sangat baik. Hal ini diakui baik oleh petani dalam kelompok tani maupun para petugas lapangan yang pernah berkunjung ke lokasi demplot seluas 1 hektar ini, bahwa pertanaman kedelai sangat baik. Meskipun belum dilakukan pemanenan, namun sebagian besar meyakini bahwa hasil polong keringnya akan lebih dari dua ton per hektar.

Pertumbuhan tanaman yang baik ini tentu saja diyukuri oleh Tim Pendampingan Kedelai BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan, karena menyebabkan banyak petani yang ingin juga menanam kedelai. Sehingga, pasca pelatihan yang dilakukan diharapkan animo masyarakat khususnya petani untuk menanam kedelai semakin meningkat. Diakui ataupun tidak, menanam kedelai masih menjadi pilihan terakhir bagi petani. Disarming karena produktivitas yang rendah, harga yang tidak terlalu tinggi juga karena perawatan yang dinilai lebih rumit dibandingkan dengan menanam padi, jagung ataupun palawija yang lain. [rn]

Penampakan Pertanaman Kedelai di Lokasi DemplotPenampakan Pertanaman Kedelai di Lokasi Demplot

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com