Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Mengatasi Kekurangan Mineral Dengan Permen Sapi PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Senin, 16 Oktober 2017 12:00

Proses Pembuatan UMMB di Kelompok JakasumaProses Pembuatan UMMB di Kelompok JakasumaMeskipun hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit, mineral memgang peranan penting dalam pertumbuhan dan kesehatan ternak. Kekurangan konsumsi mineral dapat menurunkan produksi dan produktivitas ternak bahkan dapat berakibat fatal karena dapat mengakibatkan kelumpuhan. Ditambah lagi, pola pemeliharaan yang mengandalkan rumput lapangan berperan dalam kurangnya asupan mineral bagi ternak, karena sebagaimana diketahui rumput lapangan sangat sedikit mengandung mineral.

Sebagai langkah antisipasi terhadap kekurangan mineral, perlu diberikan suplementasi pakan sumber mineral. Sumber mineral yang sangat umum diberikan pada ternak adalah Urea Molases Multinutrient Block (UMMB) atau yang sering disebut dengan permen sapi. Dibuat dari campuran dedak padi, urea, mineral, garam dan dolomit yang kemudian dicetak seperti permen, UMMB diberikan agar dapat dijilati oleh sapi.

Berminat mengadosi ini, Kelompok Tani Jakasuma, Desa Telaga Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut bersama dengan Tim Pendampingan Peternakan BPTP Ballitbangtan Kalimantan Selatan melaksanakan pelatihan pembuatan UMMB. Berlokasi di Kandang Kelompok, para anggota kelompok dan Mahasiswa STPP Magelang yang sedang melaksanakan magang antusias mengikuti setiap tahapan proses pembuatannya. Dalam praktiknya, pembuatan UMMB menggunakan teknis panas, artinya bahan-bahan yang dicampurkan kemudian diaduk dan dipanaskan. Setelah tercampur, adonan dapat dicetak sesuai dengan selera, kemudian dikeringkan. [rn]


LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com