Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Mengenal Sayuran Ala PAUD Tunas Ambulung PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Jumat, 20 Oktober 2017 11:00

Foto Bersama Siswa PAUD Ambulung BanjarbaruFoto Bersama Siswa PAUD Ambulung BanjarbaruMengenal berbagai bentuk, jenis dan manfaat sayuran dan buah dapat dilakukan sejak usia dini. Dengan mengenal, diharapkan minat untuk mengkonsumsinya dapat meningkat, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Memupuk minat ini, PAUD Tunas Ambulung Banjarbaru melakukan kunjungan ke Taman Agro Inovasi, Kebun Percobaan Banjarbaru BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan. Disertai puluhan staf dan tenaga pengajar, seratusan siswa mengelilingi setiap blok yang saat ini ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Antusiasme anak-anak sudah terlihat, bahkan sebelum acara dimulai, karena sejak memasuki gerbang kebun deretan tanaman sayuran sudah lebih dulu menyapa.

Mengawali kunjungan, siswa dikenalkan dengan berbagai jenis sayuran, baik sayuran daun maupun sayuran buah secara langsung dari bahan yang telah disiapkan. Dengan sedikit bermain teka-teki, fasilitaor bertanya akan nama, warna serta manfaat sayur dan buah yang ditunjukkan. Siswa semakin tertarik terutama pada sayuran-sayuran yang jarang mereka lihat seperti Labu Botol dan Paria belut yang bentuknya memanjang seperti ular.

Setelah puas berkeliling, sebagian siswa diberi kesempatan untuk memanen langsung tanaman bayam dan kangkung. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama yang membingkai keceriaan anak-anak dalam mengenal sayuran dan buah, sebagai modal penting mencintai dunia pertanian dimasa yang akan datang. [rn]

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com