Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Kontes Durian Kalsel, Ajang Berkumpulnya Durian Eksotis dan Berkualitas PDF Cetak E-mail
Oleh BPTP Kalimantan Selatan   
Senin, 05 Februari 2018 19:00

Durian-durian Kalimantan Selatan Peserta KontesDurian-durian Kalimantan Selatan Peserta KontesKalimantan Selatan kembali menggelar kontes durian. Setelah Pemerintah Kabupaten Banjar sukses menyelenggarakan kontes durian di Desa Bi'ih Kecamatan Karang Intan, Senin (5/2), Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Kontes Durian di Desa Kiram Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Dalam ajang tersebut, berkumpul berbagai macam durian yang eksotis dan sebelumnya jarang diketahui masyarakat. Keluar sebagai pemenang I Durian Si Gentong dari Kabupaten Tapin. Pemenang II didapatkan oleh Durian Maharawin Merah dari Kabupaten Tabalong sedangkan pemenang III didapatkan oleh Durian Pampakin (Lai) dari Kabupaten Balangan.

Dalam dua kali pelaksanaan kontes durian di Banua, BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan diundang sebagai juri. Tim SDG BPTP Kalsel yg ditugaskan sebagai juri telah merekam banyak aksesi durian unggul yang dapat dikembangkan secara komersial. Tercatat 25 aksesi durian yang akan dikarakterisasi untuk didaftarkan ke Pusat Perlindungan dan Pendaftaran Varietas. Salah satunya durian maharawin merah dari Tabalong yang sangat eksotis.

Maharawin Merah, juara II Kontes Durian Provinsi Kalimantan Selatan cukup berbeda secara kontras dengan Maharawin Hijau yang sebelumnya ditemukan di Hulu Sungai Selatan. Sebelumnya Tim SDG menemukan aksesi Maharawin Merah ini di Desa Malutu Kecamatan Padang batung Kabuapten Hulu Sungai Selatan. Ternyata Maharawin Merah juga ditemukan di Desa Pujung Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Durian yang ditemukan di Kabupaten Tabalong memiliki warna daging buah kuning tembaga, berbeda dengan yang di Malutu yang warnanya kuning.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com