Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Temu Lapang Jarwo Super di Lahan Pasang Surut PDF Cetak E-mail
Oleh BPTP Kalimantan Selatan   
Senin, 10 September 2018 15:23

Panen Padi Jarwo Super di Lahan Pasang SurutPanen Padi Jarwo Super di Lahan Pasang SurutBertepatan dengan waktu panen lokasi pengkajian Jajar Legowo Super, BPTP Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan temu lapang dalam rangka diseminasi ini ke tengah-tengah masyarakat. Temu lapang dilaksanakan di Desa Sampurna Kecamatan Jejangkit Kabupaten Batola, 10 September 2018.  Kegiatan yang sekaligus sebagai tanda rasa syukur petani ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Batola, unsur Muspida Kecamatan Jejangkit, TNI serta Kepala Desa Sampurna. Selain itu, kegiatan juga di hadiri oleh perwakilan poktan dan gapoktan sekecamatan Jejangkit.

Metode pertanaman padi dengan pendekatan Jajar Legowo Super di lahan pasang surut merupakan yang pertama di lakukan di Desa Sampurna. Teknologi ini memanfaatkan Biotara dan Agrimet dalam mempercepat penyiapan lahan dan membatu benih menjadi beradaptasi dengan baik di lahan. Hasilnya, varietas Inpari 32 HDB, Inpara 8 dan Inpara 2 mampu menampakkan performa yang baik dan bisa menghasilkan gabah rerata di atas 5 ton/ha di luar musim kebiasan. Hal ini lebih baik jika di bandingkan hasil petani yang hanya menghasilkan rerata 3 ton/ha.

Beberapa kendala yang dihadapi di lapangan antara lain kekeringan lahan yang cepat dan adanya serangan blast leher. Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Batola Bapak A. Ghozali menyambut baik implementasi teknologi Jarwo Super ini di Kabupaten Batola. Selanjutnya beliau berharap agar BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan bisa mendeseminasikan Jajar Legowo Super ini pada 15 kecamatan lain di Batola dan berjanji akan memberikan dukungan terhadap kegiatan ini. Selain di Desa Sampurna, penerapan JArwo Super juga dilakukan di Lokasi HPS Kalimantan Selatan, Desa Jejangkit Muara pada luasan yang lebih besar.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com