Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Bertanam Jagung Manis Menuju IP-300 PDF Cetak E-mail
Oleh BPTP Kalimantan Selatan   
Rabu, 12 September 2018 17:22

Pertanaman Jagung Manis Seluas 3 HektarPertanaman Jagung Manis Seluas 3 HektarMenggunakan informasi dari Kalender Tanam (Katam) Terpadu Modern, tim kegiatan Pengembangan Pola Tanam Mendukung Peningkatan Indeks Pertanaman BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan melakukan penanaman jagung pada Musim Tanam III di lokasi kegiatan Desa Bungur Baru, Kecamatan Bungur Kabupaten Tapin. Dengan pertanaman ini, maka saat ini lahan dilokasi ini dilakukan tiga kali pertanaman dengan pola padi-padi-hortikultura yaitu komoditas jagung manis.

Kegiatan tanam jagung ini dilakukan pada luasan demplot seluas 3 ha. Lahan sebelumnya telah ditanami padi sebanyak dua kali, dimana pertanaman kedua mendapatkan inovasi teknologi dari BPT Kalimantan Selatan. Hasilnya, hasil pertanaman padi dapat menghasilkan sebanyak 6,7 ton/ha Gabah Kering Panen (GKP).

Pemanfaatan secara intensif lahan pertanian dengan peningkatan Indeks Pertanaman ini diharapkan mampu untuk terus meningkatkan pendapatan petani. Perubahan pola piker petani yang sebelumnya membiarkan lahannya tidak termanfaatkan dengan alasan keterbatasan air harus dirubah secara perlahan. Kegiatan ini harapannya mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah, sehingga dapat direplikasi di wilayah lain, karena banyak Desa di Kabupaten Tapin yang sudah memiliki saluran irigasi yang baik, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan indeks pertanamannya.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com