Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Temu Lapang Kegiatan Peningkatan Indeks Pertanaman di Kalsel PDF Cetak E-mail
Oleh BPTP Kalimantan Selatan   
Kamis, 02 Agustus 2018 16:15

Panen Musim Tanam Kedua Kegiatan Peningkatan IPPanen Musim Tanam Kedua Kegiatan Peningkatan IPMusim tanam kedua areal persawahan di Desa Bungur Baru Kecamatan Bungur Kabupaten Tapin telah memasuki masa panen. Di lokasi ini dilakukan kegiatan pengembangan pola tanam untuk mendukung peningkatan indeks pertanaman. Sebelumnya, lahan persawahan hanya ditanami sebanyak satu kali dengan komoditas utama adalah padi. Namun, kegiatan yang melibatkan lahan seluas 10 hektar memberi harapan baru bahwa bertanam dua kali bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Dengan mengintroduksikan teknologi budidaya berupa cara tanam jajar legowo, pemanfaatan mesin tanam trasplanter dan varietas unggul baru berupa inpari 30 dan inpari 32. Hasil panen mencapai 6.7 ton/ha gabah kering panen. Untuk mendiseminasikan keberhasilan ini, dilakukan kegiatan temu lapang dengan mengundang para stakeholder terkait. DinasĀ  Pertanian, Sekretaris Camat, Unsur TNI dan Polri turut serta memeriahkan temu lapang beserta sekitar 100 petani yang ingin tahu lebih jauh mengenai berbagai inovasi teknologi yang diterapkan.

Dinas Pertanian Kabupaten Tapin menyampaikan materi mengenai kebijakan daerah terhadap pertanian tanaman pangan dilanjutan dari BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan mengenai Teknologi Budaidaya Padi dengan pendekatan inovasi teknologi. Dalam kesempatan itu juga, Sekretaris Camat Bungur menyampaikan dukungan kecamatan dengan memasukan program mendukung pertanaman pangan yg akan di danai oleh dana desa. Materi dilengkai oleh POPT setempat yang menyampaikan mengenai penanggulangan hama penyakit pada tanaman padi.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com