Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
SINKRONISASI MATERI PROGRAMA PENYULUHAN PERTANIAN PDF Cetak E-mail
Oleh snh   
Jumat, 30 November 2018 21:01

Susanto,S.ST sedang menyampaikan materi teknologi budidaya ayam KUBSusanto,S.ST sedang menyampaikan materi teknologi budidaya ayam KUB

Sebagai tindak lanjut Pertemuan  Sinkronisasi Materi Programa Penyuluhan Pertanian yg diselenggarakan secara simultan dan paralel pada tgl   13  s/d 15 Nopember 2018 di seluruh Kabupaten dan Dinas TPH Prov. Kalsel, Penyuluh BPTP Kalsel diminta memberikan masukan  tentang materi penyuluhan dalam Programa di provinsi dan beberapa kabuoaten di Kalimantan Selatan.

Pada hari Kamis, 29 November 2018, BPTP Kalimantan Selatan memenuhi   undangan sebagai narasumber kegiatan Temu Teknis Penyuluh pertanian yang diselenggarakan di aula dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Acara ini diikuti oleh Kepala Dinas Pertanian HST, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kabid Peternakan, Kabid Perkebunan, Kabid Pengolahan, Pemasaran dan Penyuluhan, Kelompok Jabatan Fungsional Penyuluh, kepala BPP dan seluruh penyuluh pertanian se-HST.

Dua materi disampaikan oleh BPTP Kalimantan Selatan yaitu sinkronisasi hasil litkaji dengan Programa penyuluhan  oleh Sholih Nugroho Hadi,S.ST,M.Sc. Materi lainnya adalah teknologi budidaya ayam KUB oleh Susanto,S.ST. Pada materi pertama, dijelaskan mengenai konsep research extension linkage (REL). Konsep REL membahas tentang keterkaitan antara penelitian dan penyuluhan. Konsep ini kemudian diwejawentahkan melalui tagline Litkajibangdiklatluhrap. Pada tahapan selanjutnya disampaikan mengenai perkembangan saluran dan media diseminasi yang dikenal dengan spectrum diseminasi multi chanel (SDMC). Disini banyak disinggung mengenai kompleksitas saluran diseminasi saat ini. Lebih lanjut diperbicangkan tentang perkembangan teknologi informasi terkini diantaranya tentang mengoptimalkan pemanfaatan media sosial, website dan youtube.

Materi kedua, Susanto,S.ST menyampaikan prospek dan budidaya Pengembangan ayam KUB di Kalimantan Selatan. Pada kesempatan ini disampaikan keunggulan ayam KUB dibandingkan ayam yang lain yang diantaranya produksi telur tinggi 130-160 butir per tahun, pertumbuhan cepat, mudah beradaptasi, harga afkir tetap tinggi karena tergolong ayam kampung. Aspek budidaya tidak luput dari pembahasan mulai pemilihan bibit, perkandangan, pakan, pencegahan penyakit dengan pemanfaatan jamu ternak. Selain itu, juga disampaikan mengenai teknologi penetasan.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com