Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Banner
Teknologi budidaya jagung hibrida, solusi bagi petani di lahan tadah hujan dan lahan kering. PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 16 Mei 2019 06:49

Budidaya jagung hibrida sangat menjanjikan hasil yang baik untuk lahan kering maupun lahan tadah hujan. Pada lahan kering beberapa varietas yang hasilkan Kementerian Pertanian diantaranya adalah Bima 3, Bima 7, Bima 8, Bima 14 yang tahan terhadap kekeringan, sementara pada benih varietas untuk lahan tadah hujan yaitu Bima 3, Bima 14, dan Bima 16 yang toleran terhadap penyakit Bulai. Beberapa kelebihan lainnya dari budidaya jagung hibrida ini adalah produksinya cukup tinggi, seperti pada lahan kering dapat menghasilkan 7 t/ha dan pada lahan tadah hujan 9 t/ha.
Berdasarkan hasil analisis usahatani keuntungan yang diperoleh dari budidaya jagung hibrida di lahan tadah hujan mencapai Rp. 9.749.000, sementara di lahan kering mencapai Rp. 6.279.000 dengan harga jual Rp. 2.500/kg, dengan demikian sangat berpeluang untuk diusahakan oleh petani untuk meningkatkan pendapatan keluarganya.

Informasi lebih lanjut bisa klik link berikut:

http://kalsel.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=763:administrator&catid=12:liptan&Itemid=12

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com