Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pedoman Jurnal Inovasi Teknologi Pertanian PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 10 Juni 2019 10:55

Jurnal Inovasi Teknologi Pertanian

(JIPT)

Jurnal Inovasi Teknologi Pertanian (JITP) merupakan sebuah media ilmiah penyebaran inovasi teknologi hasil penelitian dan pengkajian dalam menunjang pembangunan pertanian. Jurnal Inovasi Teknologi Pertanian memuat inovasi teknologi hasil penelitian dan pengkajian primer maupun hasil review terhadap hasil-hasil penelitian, khususnya inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi. Jurnal Inovasi Teknologi Pertanian ini diterbitkan secara periodic dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober) oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kalimantan Selatan.

 

Alamat Redaksi

Jurnal Inovasi Teknologi Pertanian (JITP)

Jalan Panglima Batur Barat No 4, Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70711

Telepon           : (0511) 4772346

Fax                  : (0511) 4781810

E-mail              : Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

 

Sumber Daya Manusia

Principal Contact

Dr. Eni Siti Rohaeni, M.P.

Ketua Dewan Redaksi

BPTP Kalimantan Selatan

Jalan Panglima Batur Barat No 4, Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70711

Support Contact

Dr. Aidi Noor, M.P.

Pelindung

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian

Penanggungjawab

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kalimantan Selatan.

Mitra Bestari:

1.  Prof (R). Dr. Ir.  Muhammad Noor, MS.

2.  Dr. Muhammad Sabran, M.Sc.

Tim Editor

Ketua Dewan Redaksi

Dr. Eni Siti Rohaeni, M.P.

BPTP Kalimantan Selatan

Jalan Panglima Batur Barat No 4, Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70711

Email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

Dewan Editor

1.  Dr. Eni Siti Rohaeni, M.P.

2.  Dr. Aidi Noor

3.  Agus Hasbianto, M.Si.

4.  Dr. Muhammad Sabran, M. Sc.

5.  Prof (R). Dr. Ir. Muhammad Noor, MS.

 

EditorPelaksana

1.  Nurmili Yuliani, S.P., M.Sc.

2.  Puspita Harum Maharani, S.P., M.Sc.

3.  M. Syarif, S.ST.

4.  Isya Ansari, S.P.

5.  Aulia Dina Pramesti, S.P.

6.  Ir. Achmad Rafieq, M.Si.

 

Administrasi

Aulia Dina Pramesti, S.P.

Kebijakan JITP

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Inovasi Teknologi Pertanian (JITP) merupakan sebuah media ilmiah sebagai sarana dalam penyebaran inovasi teknologi hasil penelitian dan pengkajian secara primer maupun dari hasil review dalam menunjang pembangunan pertanian.

 

Pedoman penulisan

Tujuan dan Wawasan. Penerbitan Inovasi Teknologi Pertanian ditujukan untuk menginformasikan hasil penelitian utama dan hasil review dari penelitian sebelumnya yang asli bidang pertanian dalam arti luas.

Jenis Naskah. Naskah yang diajukan untuk diterbitkan berupa hasil penelitian primer dan hasil review bidang pertanian dalam arti luas, belum dipublikasikan atau sedang diajukan ke penerbit lain.

Format Naskah. Naskah yang diserahkan dalam bentuk salinan digital (soft copy) dan sesuai dengan format baku JIPT, meliputi : Judul Naskah, Nama Penulis, Nama dan Alamat Instansi, Email Penulis (Correspondent), Abstrak (dalam bahasa Inggris dan Indonesia) dan kata kunci, pendahuluan, metodologi, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (bila diperlukan) dan daftar pustaka. Huruf Times New Roman font 12, Spasi 2, maksimal 20 halaman (termasuk tabel, gambar dan daftar pustaka). Ukuran kertas A4, dengan margin 4-3-3-3.

Judul Naskah. Judul Naskah harus jelas dan singkat yang menggambarkan isi pokok dari naskah. Judul halaman (running tittle) hendaknya ditetapkan oleh penulis yang disarikan dari judul naskah tersebut. Judul naskah diketik capital dengan 1 spasi, judul maksimal 15 suku kata dan ditulis center, bold, berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Penulis. Nama penulis ditulis di tengah dengan huruf kecil, tanpa gelar, diikuti bidang kepakaran dan asal instansi, dan pada baris selanjutnya diikuti nama institusi dan email.

Abstrak. Abstrak yang ditempatkan sebelum pendahuluan pada halaman pertama dan harus utuh atau mandiri (completely – explanatory and intellgible) yang mengandung alasan utama penelitian dan tujuan, metode, hasil dan kesimpulan penelitian. Abstrak dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Panjang Abstrak tidak melebihi 250 kata 1 spasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam 1 alinea dan justify.

Kata Kunci. Kata kunci diketik dalam maksimal 5 kata, memuat istilah atau kata yang paling menentukan dalam naskah.

Pendahuluan. Pendahuluan memuat tentang latar belakang permasalahan, informasi, tujuan dan manfaat penelitian yang disajikan secara ringkas dan jelas.

Metodologi. Metodologi memuat keterangan waktu dan tempat penelitian, bahan, metode serta teknik pengumpulan data dan analisis. Apabila tulisan makalah yang dikirimkan merupakan hasil review sebuah penelitian maupun pengkajian, maka pada bagian metodologi mohon diabaikan.

Hasil dan Pembahasan. Berisi tentang data hasil penelitian/pengkajian dan pembahasan yang jelas dan sistematik yang diperkuat dengan pustaka yang relevan.Jika ada penemuan baru hendaknya tegas dikemukakan dalam pembahasan (termasuk di dalamnya tabel, grafik dan gambar). Sedapat mungkin hindari penggunaan gambar/foto yang tidak relevan.

Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan menjawab permasalahan dan tujuan dalam makalah yang telah disajikan yang ditulis dalam dalam bentuk nomor dan tidak mengulang pembahasan dan bukan merupakan ringkasan. Saran apabila diperlukan berisi tindak lanjut atau rekomendasi dari penelitian dan kajian yang dilakukan.

Ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih berisi wujud penghargaan terhadap pihak yang terlibat dalam penelitian/pengkajian. Ucapan terima kasih bersifat opsional.

PenulisanTeks. Awal paragraph ditulis dari sisi kiri naskah, berjarak 5 indent. Sub bab ditulis dalam huruf kecil, huruf besar pada awal kata. Penulisan satuan decimal menggunakan aturan ejaan Bahasa Indonesia (tanda baca koma), dengan maksimal 3 desimal di belakang koma. Penggunaan kutipan pustaka pada teks harus mencantumkan nama penulis dan tahun terbitan. Jika lebih dari 2 orang penulis, maka nama penulis pertama diikuti dengan et al. contoh: Endayana et al. 2014. Penulisan nama ilmiah sesuai kaidah penulisan internasional (italic) serta kata serapan dalam bahasa asing.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com