Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Balitbangtan Berkomitmen Menjadikan IP2TP Banjarbaru sebagai Pusat Pembibitan Ayam KUB di Kalimantan Selatan PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 02 Agustus 2019 07:45

Sekretaris Balitbangtan, Kapuslitbangnak meninjau kandang ayam KUBSekretaris Balitbangtan, Kapuslitbangnak meninjau kandang ayam KUBRabu (31/07/2019) merupakan momen yang bersejarah untuk Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Banjarbaru dimana Sekretaris Balitbangtan (Dr. Prama Yufdi), Kabag Umum (Drs. Edi Sugiarto), dan Kapuslitbangnak (Dr. Atien Priyanti) secara bersamaan  melakukan kunjungan kerja ke BPTP Kalimantan Selatan. Kunjungan kerja ini  dilakukan dlm rangka persiapan pembentukan pusat pembibitan ayam KUB Strata I di IP2TP Banjarbaru. Ini menegaskan bahwa Balitbangtan memiliki komitmen yang sangat kuat untuk menjadikan IP2TP sebagai pusat pembibitan ayam KUB.

Latar belakang Pembentukan pusat perbibitan ayam KUB strata I di IP2TP Banjarbaru adalah tingginya permintaan akan produk ayam baik telur dan daging. Ayam KUB merupakan salah satu produk inovasi teknologi Balitbangtan yang sudah tersebar di banyak provinsi di Indonesia. Ayam KUB merupakan ayam kampung dwiguna sebagai penghasil daging dan telur. Ayam KUB memiliki keunggulan yaitu mampu bertelur lebih banyak mencapai 160-180 butir/ekor/tahun, memiliki bobot badan umur 20 minggu (±5 bulan) berkisar antara 1.200-1.600 gram, umur awal bertelur lebih awal sekitar 20-22 minggu dengan bobot telur 35-45 gram. Masa mengeram ayam yang berkurang hingga tinggal 10% sehingga ayam cepat bertelur kembali serta lebih tahan terhadap penyakit.

IP2TP Banjarbaru sendiri memiliki sumber daya yang memadai untuk melakukan pembibitan ayam KUB. Selain memiliki lahan yang luas, sumber daya manusia di IP2TP sangat memadai dan kompeten. Infrastruktur dan peralatan juga tersedia untuk mendukung kegiatan ini. Namun masih diperlukan peningkatan dan penyempurnaan diantaranya: 1) Melakukan rehap pada beberapa bangunan yang sudah ada untuk digunakan sebagai kandang indukan, kendang pembesaran, ruang penetasan dan Gudang; 2) Membangun pagar keliling untuk biosecurity; 3) Membangun pendopo dan mebeleur untuk pertemuan.

Kontributor naskah: Dr. Eni Siti Rohaeni, MP dan Dr. Ahmad Subhan, M.Sc

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com