Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
GUBERNUR KALSEL PANEN IKAN KEGIATAN DEMFARM #SERASI BALITBANGTAN PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 19 September 2019 14:54

Panen ikan di lokasi serasiPanen ikan di lokasi serasiGubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor pada hari Rabu (18/9) kemaren telah melakukan kunjungan ke lokasi demfarm #Serasi Balitbangtan di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala.  Kunjungan ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan syukuran dan panen padi di Desa Jejangkit Muara yang merupakan salah satu lokasi kegiatan  Serasi di Kalimantan Selatan.

Dalam kunjungannya,  Gubernur Kalimantan Selatan yang akrab dipanggil Paman Birin ini menyempatkan melakukan panen ikan lele di lokasi  demfarm  #Serasi Balitbangtan.  Pengembangan budidaya ikan ini merupakan bagian dari demfarm pengembangan usahatani terpadu kegiatan #Serasi Balitbangtan pada areal seluas 100 Ha di Desa Jejangkit Muara. Budidaya ikan  ini dilaksanakan sebagai upaya optimasi pemanfaatan lahan rawa untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Paman Birin juga melakukan panen padi di areal percontohan Program Serasi yang dikelola Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan.  Dalam sambutannya, Paman Birin mengungkapkan rasa syukurnya karena Kalimantan Selatan berhasil melakukan optimalisasi pemanfaatan lahan rawa untuk pertanian, terutama untuk tanaman padi.  Menurutnya, panen ini merupakan bukti keberhasilan petani dan pemerintah dalam mengembangkan budidaya padi di lahan rawa.

Paman Birin juga mengingatkan bahwa keberhasilan panen kali ini tidak lepas dari kerja keras dari semua pihak.   Gubernur juga menyampaikan apresiasinya terhadap Program Serasi yang dilaksanakan Kementerian Pertanian.   Diharapkannya proses penanaman bisa dilakukan di musim kemarau dengan mengandalkan teknologi yang tersedia.  Kendala teknis di lapangan seperti pengairan dan keasaman air yang cukup tinggi bisa diatasi sebagaimana usaha yang dilakukan bersama selama ini.

Gubernur menyatakan, tanpa sinergi, gotong royong dan rasa optimistis yang terus dibangun, tidak mungkin kesukseskan ini dapat dicapai.  Diungkapkannya, Program Serasi juga dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan karena lahan benar-benar digarap untuk usahatani sehingga tidak ada yang terbakar.

Dalam kegiatan panen ini hadir juga Wakil Bupati Barito Kuala, Kepala Dinas dan Instansi terkait di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Barito Kuala, Kepala BPTP Kalimantan Selatan dan jajaran Badan Litbang Pertanian pelaksana Demfarm #Serasi Balitbangtan, Kepala BPP dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Barito Kuala dan petani di sekitar lokasi kegiatan.

Dalam kesempatan ini Kepala BPTP Kalimantan Selatan Dr. Muhammad Yasin  menyampaikan bahwa Balitbangtan telah memberikan dukungan kepada daerah dalam pemanfaatan lahan rawa.  Dukungan yang diberikan berupa teknologi dalam mengelola lahan rawa yang cukup luas di Kalimantan Selatan.  Selain itu, Balitbangtan senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk keberlanjutan pengelolaan lahan rawa.  Menurutnya, tanpa sentuhan teknologi maka pemanfaatan lahan rawa tidak akan optimal.

Panen padi dengan combine harvesterPanen padi dengan combine harvesterPanen padi di lokasi serasiPanen padi di lokasi serasi

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com