Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Tim Pembina PUAP Provinsi Kalimantan Selatan Mengadakan Pemilihan Gapoktan PUAP Berprestasi 2013 PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Senin, 09 September 2013 08:24

Untuk meningkatkan motivasi bagi Gapoktan dalam mengembangkan kelembagaan dan meningkatkan aktivitasnya, Tim Pembina PUAP Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan pemilihan gapoktan berprestasi Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2013. Penilaian seperti ini rutin dilakukan oleh Tim Pembina PUAP Provinsi, dengan menilai dan menyeleksi wakil gapoktan terbaik dari masing-masing Kabupaten.Penilaian melibatkan seluruh Tim Pembina PUAP Provinsi yang terdiri dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, BPTP Kalimantan Selatan, Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan, serta Bakorluh Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Penilaian dilakukan secara paralel dan bertahap, pada bulan Juli dan Agustus 2013. Tahap pertama yang mengikutsertakan 1 gapoktan dari setiap kabupaten diseleksi menjadi enam besar gapoktan yang akan mendapatkan predikat juara I sampai dengan juara harapan III. Gapoktan yang lolos dalam tahap seleksi yang pertama adalah Gapoktan Riam Tarjun, Gapoktan Tinggiran Baru, Gapoktan Karya Bersama, Gapoktan Paya Besar, Gapoktan Suka Maju dan Gapoktan Patih Bantar. Pada penilaian tahap II, tim penilaian disilang dan tidak menilai gapoktan yang sudah dinilai pada tahap pertama. Hal ini untuk menunjukkan obyektivitas penilaian atas masing-masing Gapoktan. Hasil penilaian tahap I dan II pada Gapoktan enam besar akan ditambahkan dan kemudian dirata-ratakan.

Hasil penilaian menunjukkan nilai tertinggi didapatkan oleh Gapoktan Tinggiran Baru, Desa Tinggiran Baru, Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Barito Kuala, sehingga berhak mendapatkan predikat Gapoktan Berprestasi 1 pada penilaian tahun ini. Secara lengkap, urutan pemenang penilaian gapoktan berprestasi tahun 2013 adalah: (i) Gapoktan Tinggiran Baru, Desa Tinggiran Baru, Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Barito Kuala; (ii) Gapoktan Karya Bersama, Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin; (iii) Gapoktan Paya Besar, Desa Paya Besar, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, (iv) Gapoktan Riam Tarjun, Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar; (v) Gapoktan Suka Maju, Desa Babirik Hulu, Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara; dan (vi) Gapoktan Patih Bantar, Kelurahan Jangkung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Pemberian piagam dan hadiah bagi juara pertama dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, pada saat upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-68 yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin. Sedangkan, pemberian piagam dan hadiah bagi juara II sampai dengan juara harapan III akan dilaksanakan pada saat pertemuan PMT bulan Oktober 2013 di BPTP Kalimantan Selatan, oleh Tim Pembina PUAP Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan pemilihan Gapoktan Berprestasi ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi, akivitas dan pengembangan kelembagaan pertanian di masing-masing daerah. Oleh : Harun Kurniawan, S.Pt

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com