Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pertemuan Peningkatan Kapasitas PMT PUAP Kalimantan Selatan PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Senin, 09 September 2013 08:30

Dalam rangka meningkatkan kinerja Penyelia Mitra Tani (PMT) Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan Provinsi Kalimantan Selatan, Sekterariat PUAP Provinsi melaksanakan pertemuan peningkatan kapasitas PMT PUAP pada tanggal 21-22 Agustus 2013. Dilaksanakan di Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan,

Pertemuan mengundang seluruh PMT Provinsi Kalimantan Selatan serta Narasumber dari BPTP Kalimantan Selatan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan dan Direktorat Pembiayaan Pertanian, Jakarta.

 

Dalam sambutannya, Tim Pembina Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan kegembiraan atas pertemuan yang bisa dilaksanakan dalam suasana yang penuh keakraban, serta atas kedatangan narasumber dari ditbiaya untuk menyampaikan hal-hal terbaru terkait dengan PMT dan program PUAP ditahun-tahun mendatang. Harapannya, pertemuan ini dapat lebih memberikan motivasi kepada para PMT untuk terus mengembangakan program demi terciptanya kesejahteraan petani khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

Beberapa hal disampaikan oleh Ditbiaya Pertanian yang diwakili oleh Bapak Drs. Joniwardi terkait dengan PMT dan PUAP ditahun 2014 antara lain: Penyalia Mitra Tani akan dipertahankan keberadaannya di tahun 2014, sesuai dengan penilaian Tim Pembina PUAP Provinsi atas kinerja masing-masing PMT. Hal ini disamnut gembira oleh para PMT, mengingatkan sebelumnya tersiar kabar, program PUAP akan selesai ditahun 2013, sehingga keberadaan PMT tidak lagi  dipertahankan tahun depan. Selain itu, tahun 2014 akan dialokasikan penambahan PMT sebanyak 200 orang. Sehingga, bagi daerah yang proporsi antara gapoktan yang didampingi dengan PMT-nya belum seimbang dapat mengajukan penambahan PMT di tahun 2014.

Hal lain yang disampaikan oleh narasumber adalah mengenai adanya alokasi 3000 gapoktan yang akan mendapatkan dalam BLM PUAP ditahun 2014. Pertimbangan pemilihan gapoktan adalah proporsi antara gapoktan yang sudah mendapatkan dana PUAP di sebuah Kabupaten, serta pertimbangan-pertimbangan lain yang terkait. Untuk itu, PMT dan Tim Teknis Kabupaten yang akan mengusulkan Gapoktan untuk mendapatkan dana BLM PUAP tahun 2014 diharapkan segera membuat usulan dan dikirimkan ke pusat.

Pertemuan diakhiri dengan diskusi mengenai beberapa hal yang terjadi di lapangan selama proses penyeliaan. Diskusi berjalan dengan cukup menarik, karena PMT antusias untuk memperoleh jawaban langsung dari Bapak Joni mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi. Beberapa solusi yang disampaikan oleh Bapak Joni terkait persoalan di lapangan diantaranya adalah melibatkan anggota dalam pengambilan keputusan, serta lebih melibatkan tim teknis sebagai pihak terdepan dalam menyelesaikan berbagai persoalan, terutama ditingkat Kabupaten. Oleh: Harun Kurniawan, S.Pt

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com