Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Program Litbang
  • PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN

    Sebagai sekretariat PUAP Provinsi Kalimantan Selatan, berbagai kegiatan kesekretariatan secara aktif dilakukan oleh tim BPTP Kalimantan Selatan agar salah satu program unggulan pemerintah tersebut dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan. BPTP Kalimantan Selatan telah bekerja lebih dari 5 tahun menggerakkan PUAP sebagai salah satu kegiatan pendorong agribisnis di perdesaan. Banyak penerima/pelaksana PUAP telah mampu merasakan manfaat kegiatan tersebut, dan beberapa diantaranya telah menerima penghargaan di tingkat daerah dan nasional sebagai pelaksana berprestasi.


  • PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU

    Kalimantan Selatan merupakan salah satu wilayah pengembangan ternak sapi, kambing, kerbau, dan itik sehingga pemerintah daerah berupaya meningkatkan populasi ternak dan ketersediaan daging. Ternak-ternak tersebut dikembangkan pada berbagai wilayah-wilayah sentra (kawasan), sesuai dengan kondisi wilayah dan peternak pelaksananya. BPTP Kalimantan Selatan telah melakukan pendampingan terhadap upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk berswasembada daging sejak beberapa tahun terakhir. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, pendampingan lebih difokuskan melalui kegiatan Pendampingan PSDSK.


  • PENDAMPINGAN PTT PADI

    BPTP Kalimantan Selatan telah melakukan pendampingan terhadap penerapan komponen-komponen PTT pada usahatani padi yang dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota sentra produksi padi di Provinsi Kalimantan Selatan. Tim Pendamping BPTP Kalimantan Selatan bersama-sama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas terkait di Kabupaten/kota, melakukan pendampingan dan pengawalan secara kontinyu sesuai dengan tugas masing-masing institusi. Komunikasi secara intensif antar stakeholders juga terus dilakukan.


  • MODEL KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI

    M-KRPL di Provinsi Kalimantan Selatan telah diinisisasi oleh Balitbangtan Kementerian Pertanian melalui BPTP Kalimantan Selatan sejak tahun 2011 dan sampai dengan tahun 2014 ini telah terbentuk sebanyak 40 unit M-KRPL di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.

     


  • MODEL PENGEMB PERTANIAN PERDESAAN MELALUI INOVASI

    Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (m-P3MI) merupakan penyempurnaan kegiatan prima tani sehingga sering disebut dengan kegiatan Prima Tani Plus. Kegiatan ini menitikberatkan pada proses diseminasi menggunakan berbagai macam saluran sehingga dapat memberikan jangkauan yang lebih luas. BPTP Kalimantan Selatan memulai kegiatan m-P3MI sejak tahun 2011 dengan komoditas padi dan jeruk di Kabupaten Barito Kuala. Selain alokasi dana dari DIPA BPTP Kalimantan Selatan, pada tahun 2013 kegiatan m-P3MI juga mendapatkan alokasi dana dari SMARTD Bank Dunia dengan komoditas padi dan sapi di Kabupaten Tabalong.


  • Pendampingan UPSUS PAJALE

    Kementerian Pertanian berupaya mencapai swasembada Padi, Jagung dan Kedelai (PAJALE) dan telah menggerakkan beberapa program strategis yang terkait dengan upaya pencapaian swasembada PAJALE tersebut. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia adalah Upaya Khusus (UPSUS) Pencapaian Swasembada PAJALE. Sebagai UPT Kementerian Pertanian di daerah, maka BPTP Kalimantan Selatan berperan dalam melakukan pendampingan kegiatan tersebut yang meliputi 11 Kabupaten/Kota, yaitu Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), HS Tengah, HS Utara, Balangan, Tabalong, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Barito Kuala.

Joomla Templates by JoomlaVision.com