Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com


Panen Bawang Merah Asal Biji Botani di Taman Agro Inovasi PDF Cetak E-mail
Oleh Harun Kurniawan, S.Pt   
Rabu, 13 September 2017 14:00

Umbi Bawang Merah Asal Biji BotaniUmbi Bawang Merah Asal Biji BotaniMengikuti perkembangan inovasi teknologi budidaya bawang merah yang mengarah pada pertanaman menggunakan biji botani, Taman Agro Inovasi KP. Banjarbaru BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan ikut mengembangkan metode tersebut. Di Lahan Blok C yang merupakan lahan khusus pertanaman komoditas Hortikutura, Bawang Merah TSS ini dibudidayakan. Sebelum dipindahkan ke lahan, biji bawang merah terlebih dahulu disemai, lalu dipindahkan setelah berumur satu bulan.

Beberapa kendala yang dihadapi dalam budidaya bawang merah TSS di Lahan KP Banjarbaru ini adalah tekstur lahan yang berbatu. Lahan yang berbatu ini cukup menghambat umbi untuk tumbuh secara optimal. Kendala lain yang dihadapi adalah adanya serangan cendawan yang menyebabkan penyakit Antraknosa dan Moler. Pengendalian cendawan ini dilakukan secara kimiawi menggunakan fungisida, sehingga tidak menyerang keseluruhan tanaman.

Keragaan umbi bawang yang dihasilkan cukup baik, dengan bentuk umbi yang cukup besar. Dari percobaan ini dapat dinyatakan bahwa budidaya bawang merah melalui biji dapat dilakukan di Kalimantan Selatan, terutama di lahan kering seperti yang ada di lahan KP. Banjarbaru. Melalui metode ini, diharapkan input petani bawang terutama untuk mengadakan benih dari umbi yang memerlukan biaya besar dapat diefisienkan. Bertanam bawang merah menggunakan biji botani juga dapat mengurangi serangan hama dan penyakit. Hanya saja, menggunakan biji botani memerlukan waktu yang lebih panjang jika dibandingkan dengan menggunakan umbi.  [rn]

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com