Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com


Jengkol, Siapa Takut? PDF Cetak E-mail
Oleh BPTP Kalimantan Selatan   
Minggu, 25 Februari 2018 10:00

Salah Satu Varietas Jengkol Yang Ditemukan di Kabupaten HSSSalah Satu Varietas Jengkol Yang Ditemukan di Kabupaten HSSBuah jengkol sangat unik, baunya memang tidaklah sedap namun penggemarnya sangatlah banyak. Penjual kudapan jengkol di Jl. Dahlia Banjarmasin berinovasi memproduksi kudapan jengkol tidak berbau. Mau mencoba? Datang saja ke Banjarmasin dan nikmati sensasinya. Sentra produksi jengkol di Kalimantan Selatan berada di Pegunungan Meratus, diantaranya di Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dalam identifikasi asesi tanaman jengkol di Pegunungan Meratus yang dilakukan pada bulan September 2017 di Desa Ulang dan Desa Tumingki Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan ditemukan 3 jenis asesi jengkol, masing-masing: 1) jengkol papan. Bentuknya pipih, ukuran besar, disukai konsumen tetapi produktivitasnya rendah (<100 kg/pohon) dan waktu panen dihitung dari fase berbunga relatif lebih lama. 2) Jengkol taman/ beras, bentuknya kecil agak bulat, produktivitas tinggi (>100 kg/pohon). 3) Jengkol lakatan, rasanya enak, ukuran sedang dan produktivitasnya tinggi (>100 kg/phn).

Ketiga jenis jengkol ini harganya di tingkat petani sama saja tetapi pada saat dipasarkan dalam bentuk olahan, jengkol papan lebih disukai konsumen sehingga paling diburu. Meskipun begitu, bagi penduduk Loksado jengkol lakatan adalah jenis jengkol yang dianggap paling enak, karena sebagaimana namanya lakatan (ketan) jengkol ini memiliki rasa yang lebih gurih.

Tanaman jengkol di kawasan ini sudah mulai panen pda pertengahan bulan Nopember 2017. Puncak musim panen diperkikan pada bulan Pebruari hingga Maret 2018. Saat ini BPTP Kalimantan Selatan sedang memproduksi 20.000 batang benih sebar jengkol. Sebanyak 10.000 batang dari kegiatan perbenihan APBN-P 2017 dan sebanyak 10.000 batang dari kegiatan APBN 2018. BPTP Kalimantan Selatan siap mendistribusikan benih jengkol ini secara bertahap pada bulan April dan Juli 2018.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com