JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Tingkatkan Keterampilan Berbicara, BPTP Kalsel Gelar Pelatihan Public Speaking

Untuk meningkatkan keterampilan berbicara, tak kurang 25 staf BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan yang terdiri atas peneliti, penyuluh, dan tenaga teknis mengikuti pelatihan Public Speaking yang digelar BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan pada Rabu (02/03/2022).

Selama kurang lebih lima jam, para peserta pelatihan diajak untuk mempelajari lebih dalam mengenai teknik berbicara di depan umum. Hal tersebut bertujuan agar peserta yang kinerjanya berhubungan langsung dengan masyarakat (petani) tidak mengalami kendala seperti grogi, mendadak kehilangan materi pembicaraan saat menjadi narasumber di depan umum.

Tak tanggung-tanggung, pakar public speaking dihadirkan langsung dari Bogor pada acara tersebut yaitu Ustadz Obay Sobari, M.Pd.I, seorang pakar public speaking dan motivator kenamaan.

Dr. Muhammad Amin, M.Si dalam membuka acara pelatihan “public speaking” ini dalam arahannya menyampaikan bahwa kemampuan public speaking merupakan metode untuk menghilirisasikan inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian yang begitu banyak dihasilkan namun aspek hilirisasi masih terbatas oleh para peneliti dan penyuluh. “Melalui pelatihan public speaking ini maka teknologi yang dihasilkan dapat tersampaikan dengan baik dengan metode komunikasi yang tepat sekaligus memberikan warna dan metode yang tepat dalam menghilirisasikan inovasi dan teknologi ke para petani,” ucapnya.

Ustadz Obay Sobari dalam materinya menyampaikan kemampuan dalam berbicara di depan umum merupakan modal berharga saat berada di tengah masyarakat maupun audiens pada sebuah acara. “Dengan menguasai materi dan keterampilan berbicara yang baik, setiap orang akan lebih mudah diterima oleh khalayak publik,” terangnya.

Ditambahkan juga gaya bicara dan penguasaan materi yang tidak kaku serta adaptif dengan situasi dan kondisi pada setiap acara yang tentunya berbeda akan lebih memudahkan komunikasi dengan masyarakat sebagai penerima layanan informasi.

Dengan digelarnya acara ini, melalui materi-materi yang diperoleh, diharapkan ke depannya memberi manfaat dan memudahkan para peserta apabila tampil di depan umum secara lebih percaya diri dan materi pembicaraan yang disampaikan mampu diterima oleh masyarakat dengan baik.

Pin It