JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pembinaan Penangkar Padi Inpari IR Nutrizinc di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

TANAH LAUT (08/03/2022) --- Kepala BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan Dr. Muhammad Amin, M.Si bersama Tim berkesempatan untuk monitoring lokasi penangkaran varietas unggul baru (VUB) padi unggul Inpari IR Nutrizinc pada lahan tanam seluas 5 ha yang telah memasuki fase siap panen, berlokasi di Desa Telaga Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yang menjadi obyek monitoring dan binaan BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan. Kegiatan monitoring ini merupakan perwujudan dari tupoksi BPTP selaku pengemban diseminasi informasi teknologi dan inovasi bidang pertanian guna meningkatkan produksi serta swasembada pangan berkelanjutan khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.
 
Penangkaran varietas unggul baru (VUB) Inpari IR Nurtizinc ini merupakan hasil kerja sama Badan Litbang Pertanian dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Pemilihan varietas ini didasarkan dengan kebutuhan provinsi Kalimantan Selatan untuk mengatasi Stunting. Penanggulangan stunting menjadi perhatian khusus di setiap daerah termasuk di Kalsel. Karena stunting dapat menyebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia terhadap produktifitas dan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa, sehingga pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi sangat penting. Solusinya adalah perbaikan asupan gizi balita yang harus dilakukan dengan berbagai program.
Intervensi program dan kegiatan yang dilakukan secara lintas sektor atau konvergensi melalui kelembagaan aksi terintegrasi, salah satunya adalah dengan penyedian bahan pangan pokok yang mempunyai kandungan gizi tinggi seperti beras yang berasal dari varietas Inpari IR Nutrizinc kerena mengandung Zn sebesar 34,51 ppm, jauh di atas varietas padi lainnya.
 
Semoga varietas unggul baru (VUB) padi IR Nutrizinc hasil penangkaran kali ini bisa menjadi sumber benih bagi kebutuhan benih padi unggul sekaligus menjadi salah satu solusi dalam mengatasi stunting di Kalimantan Selatan.
Pin It