BPTP Kalimantan Selatan bersama Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Laksanakan Pelatihan Teknologi Pemeliharaan Ternak Sapi dan Unggas

Parent Category: Berita Written by Administrator Hits: 39
BANJAR (17/05/2022) --- Dinas Pertanian Kabupaten Banjar bekerjasama dengan BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan telah menyelenggarakan "Pelatihan Teknologi Pemeliharaan Ternak Sapi dan Unggas” pada tanggal 17 - 23 Mei 2022 di Martapura. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang Penyuluh Pertanian di Kabupaten Banjar dan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Ir.H. Dondit Bekti Agustiono.
Dalam pelatihan tersebut, BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan berperan sebagai narasumber yang menyampaikan materi berkaitan dengan judul pelatihan. Pelatihan akan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi dan praktek. Pada kesempatan tersebut Kepala BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan, Dr. Muhammad Amin, M.Si menyampaikan materi “Peran BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan dalam menghasilkan dan menyebarkan Inovasi Teknologi Peternakan di Kalimantan Selatan”. Materi lainnya akan disampaikan oleh para penyuluh dan peneliti BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan dan Dinas Pertanian Kabupaten Banjar.
Saat sedang berlangsung kegiatan pelatihan, para peserta aktif berdiskusi dan mengikutinya dengan penuh perhatian. Diharapkan partisipasi dan respon peserta tetap tinggi sampai dengan berakhirnya kegiatan pelatihan ini. Menurut peserta, dari materi yang diberikan, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menunjang pelaksanaan tugasnya sebagai penyuluh pertanian sehari-hari di lapangan, khususnya teknologi pemeliharaan ternak.
Merespon adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak yang mulai marak saat ini, hal ini juga dibahas dan diantisipasi untuk pencegahannya oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar dan Kepala BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan.