JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KUNJUNGAN KERJA KEPALA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG) PERTANIAN KE LOKASI KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) DI DESA PURWODADI, KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU

Kunjungan kerja Bapak Kepala Badan Litbang Pertanian, dalam hal ini diwakilkan kepada Bapak Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBPPTP) Bogor, Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc ke Desa Purwodadi Kecamnatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu.

sebagai lokasi kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL). Selain dari pusat, Kepala BBPPTP, didampingi oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian BPTP) Kalimantan Selatan, Dr. Muhamad Yasin, MP.

Sementara itu dari Kabupaten Tanah Bumbu telah hadir pada acara kunjungan tersebut adalah Ibu Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Ibu Hj. Erwinda Mardani, selaku Ketua Tim Penggerak PKK beserta Rombongan, Ibu-Ibu TP PKK Kecamatan se Kabupaten, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Bapak dan Ibu Camat Angsana, Ibu-Ibu TP PKK Desa se Kecamatan Angsana serta masyarakat Desa Purwodadi. Acara kunjungan berlangsung sangat meriah, dimana masyarakat sangat antusias menyambut kunjungan ini. Beberapa hari sebelumnya warga masyarakat sudah bergotong royong membersihkan Kebun Bibit Desa dan pekarangan rumah masing-masing, mereka juga menyambut dengan hiburan/ kesenian setempat. Aparat desa juga berperan menyiapkan segala sesuatunya dan memperindah desanya.

Kegiatan M-KRPL ini merupakan Program Nasional dari Kementerian Pertanian dengan tujuan:

  1. Memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dan masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari/berkelanjutan.
  2. Meningkatkan kemampuan keluarga dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran, tanaman obat, pemeliharaan ternak dan ikan.
  3. Mengembangkan sumber benih/bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan.
  4. Menciptakan lingkungan yang hijau, bersih dan sehat secara mandiri.

Kegiatan ini telah dilakukan serentak di seluruh Indonesia, demikian juga di Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satunya di Kabupaten Tanah Bumbu yaitu untuk tahun 2012 ini di Desa Purwodadi kecamatan Angsana. Meskipun baru berjalan relative singkat, yaitu baru dua bulan, namun kegiatan ini di Desa Purwodadi menunjukkan kemajuan yang sangat menggembirakan. Kebun Bibit Desa (KBD) sudah berdiri, sebagai temnpat penyiapan bibit/benih yang akan dan telah disuplai kepada warga sekitar. Saat ini terdapat 45 jenis tanaman yang ada, berupa bibit/benih tanaman pangan, buah, sayuran dan tanaman obat. Bibit berasal dari BPTP Kalimantan selatan, Dinas Pertanian dan swadaya masyarakat. KBD ini juga dilengkapi dengan Rumah Kompos, tempat pembuatan pupuk organic dari limbah tanaman.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan serta pembinaan juga dilakukan misalnya pelatihan pembuatan pupuk organic. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan aparat desa, ibu-ibu PKK, kelompok wanitatani, penyuluh pertanian setempat, Dinas Pertanian dan Badan Ketahanan Pangan.

Sekarang, di Desa Purwodadi sudah semakin banyak rumah warga yang sudah mulai meniru dan membuat rak-rak sederhana untuk tanaman di halaman pekarangan masing-msing. Warga sekitar sudah mulai “menghijaukan” pekarangannya. Selain membuat rak, ada juga warga yang langsung membuat bedengan halaman rumahnya untuk ditanami beberapa jenis sayuran. Selain itu juga beberapa rumah sudah membuat dan memanfaatkan kolam ikan di pekarangan rumahnya.

Pada kesempatan itu, Bapak Kepala BBPPTP Bogor sangat terkesan dan sangat senang terhadap antusiasme masyarakat dan semangatnya merespon kegiatan KRPL ini. Hanya dengan waktu 2 bulan, kegiatan KRPL dinilai beliau sudah sedemikian pesat kemajuannya. Kegiatan KRPL yang difokuskan di RT 2, terhadap 35 org, sekarang sudah menyebar dan diadopsi oleh warga yang lain bahkan ditiru juga oleh RT yang lain seperti RT 1, 3, 4 dan RT yang lainnya. Bapak Kepala BBPPTP Bogor, menyebutkan dan berharap Desa Purwodadi dapat menjadi “Pacitan Kedua”, yang pantas mendapat penghargaan di Tingkat Nasional.

Pada saat kunjungan, Kepala BBPPTP Bogor dan Ibu Bupati juga berkesempatan meninjau Kebun Bibit Desa yang dibangun oleh KWT di Desa Purwodadi. Kemudian peninjauan dilanjutkan ke beberapa rumah warga sekitar yang sudah menata dan menghijaukan halaman rumahnya.

Selain itu, pada saat itu juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) tentang koordinasi, sinkronisasi dan replikasi kegiatan KRPL di Kabupaten tanah Bumbu antara Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kepala BPTP Kalimantan Selatan, disaksikan oleh Bapak Kepala BBPPTP Bogor selaku Kepala Badan Litbang Pertanian.

Dalam MoU itu disepakati untuk meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antara Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu dengan BPTP Kalimantan Selatan dalam melakukan kegiatan M-KRPL. Juga disebutkan pada tahun 2013, kegiatan M-KRPL ini akan dilakukan replikasinya oleh TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu bersama dengan BPTP Kalimantan Selatan pada lima kecamatan lainnya di Kabupatenh Tanah Bumbu.

Pin It