JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SILATURAHMI KADER M-KRPL SE-KALIMANTAN SELATAN

Dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan wawasan Kelompok Wanitatani/Kader Kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) Kalimantan Selatan, dengan ini direncanakan pertemuan/silaturahmi Kelompok Wanitatani/Kader M-KRPL se-Kalimantan Selatan di BPTP Kalimantan Selatan, dan kunjungan ke beberapa tempat di Banjarbaru, yaitu (1) Lokasi Kegiatan M-KRPL di Desa Guntung Payung Banjarbaru, (2) Pembibitan Tanaman pada Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

 

Kegitan silaturahmi dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Desember 2012 di Aula Serba Guna BPTP Kalsel Jln.Panglima Batur Barat No: 4 Banjarbaru. Diikuti oleh 135 orang yang terdiri dari Kader-Kader M-KRPL dan penyuluh pendamping sebagai perwakilan pada 10 lokasi/kabupaten di Kalimantan Selatan, sedangkan kader-kader M-KRPL di Kalimantan Selatan sampai bulan November 2012 sebanyak 949 orang terdiri dari ibu-ibu anggota KWT. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh peneliti, penyuluh, dan teknisi pendamping kegiatan M-KRPL dari BPTP Kalsel, Kasubag TU BPTP Kalsel (Ibu Rusmilawati), dan Badan Ketahanan Pangan Prov.Kalsel (Ibu Kasanova/Kabid…..).

Arahan dari (Ibu Kasanova/Kabid…..), agar kader-kader M-KRPl bisa menjadikan pekarangan tempat tinggalnya masing-masing menjadi sumber pangan dan gizi keluarga, dan jika produksinya berlebih bisa dijadikan sumber pendapatan keluarga. Bagi kader-kader yang pekarangannya luas, bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pangan-pangan lokal Kalsel, seperti berbagai jenis umbi-umbian.

Arahan dari Ibu Rusmilawati, agar pemanfaatan pekarangan jangan hanya pada saat proyek berlangsung, tetapi harus selalu berjalan dan ditularkan pada ibu-ibu yang lain, sebab dari selain bermanfaat sebagai sumber pangan dan gizi masyarakat, juga untuk keindahan, Rumah yang asri biasanya penuh dengan tanaman, dan sangat bagus jika tanaman tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga, apalagi jika bisa menambah pendapatan keluarga.

Pada kunjungan ke lokasi M-KRPL Guntung Payung (Banjarbaru), kader-kader M-KRPL sangat terkesan dengan kebun toganya yang sudah tertata apik dan beragam, apalagi dengan demonstrasi pembuatan berbagai jenis jamu-jamuan oleh kder M-KRPL setempat menambah suasana pertemuan semakin ramai. Sedangkan pada kunjungan ke Pembibitan Tanaman pada Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, peserta langsung disambut oleh pimpinannya, Ibu Ir.Adriana. Beliau memberikan arahan, bahwa di lokasi Pembibitan Tanaman pada Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan yang di Banjarbaru ini, yang banyak dikembangkan adalah tanaman buah, hias, dan toga, untuk kenis sayr-sayuran dan umbi-umbian dikembangkan di Balai Benih yang ada di Sungkai (Tapin). Bagi kader-kader yang ingin magang di Balai Benih terkait teknik perbenihan dipersilahkan dan akan dibimbing oleh teknisi-teknisi yang sudah berpengalaman.

Para kader M-KRPL sangat terkesan dengan kondisi perbenihan berbagai jenis tanaman yang tertata bagus, beragam, dan pertumbuhannya bagus. Mereka juga membeli berbagai bibit tanaman buah dan toga untuk dikembangkan di pekarangannya masing-masing.

Secara keseluruhan, para kader M-KRPL se-Kalsel sangat mengharapkan agar kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi dan pembinaan/pendampingan dari BPTP Kalsel terus berlanjut terhadap kegiatan M-KRPL (Ir. Retna Qomariah, M.Si / Penjab M-KRPL Kalsel)

Pin It